Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 23 January 2018

Doa Ketika Terjadi Gempa dan Bencana Alam Lainnya


Doa Ketika Terjadi Gempa dan Bencana Alam Lainnya

islamindonesia.id – Doa Ketika Terjadi Gempa dan Bencana Alam Lainnya

 

Seperti diberitakan banyak media, peristiwa gempa bumi kembali mengguncang beberapa daerah di Pulau Jawa, Selasa (23/1/2018).

Berdasarkan info dari BMKG, gempa kali ini berkekuatan 6,4 SR, dan terjadi sekitar pukul 13:34:50 WIB dengan lokasi 7.21 LS,105.91 BT (81 km BaratDaya LEBAK-BANTEN), di kedalaman 10 Km.

Gempa tersebut juga sempat membuat warga Jakarta merasakan getaran yang cukup kuat.

Seperti biasa, setiap terjadi guncangan akibat gempa bumi, banyak orang merasa takut atau setidaknya merasa khawatir akan terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Lalu bagaimana cara mengatasi rasa takut dan kekhawatiran itu? Salah satunya, selain dengan menunaikan Shalat ayat, bisa juga dilakukan dengan membaca doa khusus ketika terjadi gempa.

Seperti apa redaksinya? Berikut doa tersebut selengkapnya.

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺇِﻧّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ؛ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ، ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ

Allâhumma innî asaluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a’ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.”

Namun demikian, membaca doa ini tidak hanya dianjurkan pada saat terjadinya gempa saja, melainkan juga untuk dibaca sewaktu-waktu ketika terjadi bencana selain gempa bumi yang berpotensi membahayakan keselamatan jiwa.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *