Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 16 December 2018

Amalan Penghilang Takut Gelap Usai Hujan Lebat


Amalan Penghilang Takut Gelap Usai Hujan Lebat

islamindonesia.id – Amalan Penghilang Takut Gelap Usai Hujan Lebat

 

Langit kerap diselimuti awan hitam tebal saat hujan deras. Hal itu membuat langit tampak gelap. Kondisi ini bisa terjadi baik siang maupun malam. Kegelapan tersebut biasanya bertahan meski hujan sudah reda. Biasanya, malam akan menjadi sangat gelap ketika diguyur hujan dan sesudahnya. Kondisi itu membuat sebagian orang merasa ketakutan. Bagaimana cara mengatasi ketakutan itu?

Kejadian ini rupanya pernah berlangsung di zaman Rasulullah Muhammad SAW. Para sahabat yang keluar rumah di malam hari usai hujan sempat merasakan kekhawatiran.

Rasulullah SAW pun menganjurkan untuk melakukan amalan tertentu. Dengan amalan tersebut, Allah SWT akan memberikan perlindungan kepada yang menjalankannya.

Seperti tercantum dalam kitabnya Al Adzkar, Imam An Nawawi mengutip sebuah hadis yang menjelaskan mengenai anjuran Rasulullah tersebut.

“Diriwayatkan kepada kami dalam Sunan Abu Dawud, At Tirmidzi, An Nasai, dan selain mereka dengan sanad yang sahih dari Abdullah bin Khubaib RA, ‘Kami keluar pada malam yang diguyur hujan dan sangat gelap. Kami mencari Nabi SAW untuk shalat bersama hingga akhirnya kami mendapatinya.’ ‘Bacalah sesuatu,’ perintah Nabi. Tetapi aku tidak bersuara apa pun. ‘Bacalah sesuatu,’ Nabi mengulangi perintahnya. Aku juga tidak bersuara apa pun. ‘Bacalah,’ Nabi mengulangi. ‘Aku harus baca apa ya Rasul?’ jawabku. ‘Qul huwallahu ahad dan mu’awwidzatain (Al-Falaq dan An-Nas) saat kau di pagi dan di sore hari. Niscaya itu mencukupimu dari segala sesuatu,’ kata Nabi Muhammad SAW. Imam At-Turmudzi mengatakan, ini hadis hasan shahih.”

Dalam penjelasan di atas, Rasulullah menganjurkan membaca surat pendek. Terutama ketika malam gelap setelah hujan, Rasulullah menganjurkan para sahabat untuk membaca surah Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas. Mudah sekali bukan?

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *