Satu Islam Untuk Semua

Friday, 21 September 2018

Amalan dan Doa Saat Kehilangan Barang Berharga


Amalan dan Doa Saat Kehilangan Barang Berharga

islamindonesia.id – Amalan dan Doa Saat Kehilangan Barang Berharga

 

Setiap orang mungkin pernah mengalami kehilangan barang. Hal itu tentu menimbulkan perasaan tidak menyenangkan. Hati rasanya jengkel saat mengetahui ada barang hilang. Apalagi ketika sedang membutuhkan barang tersebut.

Bahkan kita bisa merasa sedih ketika barang yang hilang tersebut sangat berharga baik secara nominal maupun kenangan di dalamnya.

Sudah berusaha mencarinya, tetap saja barang tersebut tidak ketemu. Kita sampai kelelahan mencarinya, barang itu belum juga kita temukan.

Jika mengalami hal tersebut, jangan bersedih. Mungkin barang, uang, atau sesuatu itu bukan rezeki Anda. Namun jangan putus asa, berdoalah kepada Allah SWT. Jika barang itu tidak dapat ditemukan semoga akan diberikan ganti yang lebih baik oleh-Nya.

Imam Thabrani dalam Mu’jam al-Kabir mengatakan, ada dua hal dianjurkan untuk dilakukan saat kehilangan barang berharga. Tips ini berdasarkan riwayat dari Ibnu Umar.

Ketika ditanya tentang apa yang seharusnya dilakukan seseorang jika ia kehilangan sesuatu, beliau berkata, “Barangsiapa kehilangan sesuatu hendaknya berwudu lalu salatlah dua rakaat kemudian ucapkan kalimat syahadat kemudian katakan ‘bismillahi yaa haadi al-dhalal wa raadi al-dhaalah, urdud ‘ala dhaalatii bi izzatika wa sulthanika fainnahaa min ‘athaaika w fadhlika’ (Bismillah, wahai Yang Maha Memberikan Petunjuk sesuatu yang hilang arah, wahai yang Maha Mengembalikan sesuatu yang hilang, kembalikanlah kepadaku barangku yang hilang dengan kemuliaan-Mu dan kekuasaan-Mu, sesungguhnya itu adalah dari pemberian-Mu dan kemurahan-Mu).”

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *