Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 10 July 2018

Tujuh Nasihat Peluntur Ujub


Tujuh Nasihat Peluntur Ujub

islamindonesia.id – Tujuh Nasihat Peluntur Ujub

 

Di dunia ini tak sedikit manusia yang memiliki watak sombong, bangga diri, merasa lebih baik dari siapapun sehingga dengan mudahnya meremehkan orang lain. Padahal seperti ditekankan dalam Islam, derajat semua manusia itu sama. Karena yang membedakan mereka satu sama lain adalah kadar takwanya.

Lalu bagaimana cara sederhana agar manusia mampu mengikis sifat ujub dan melunturkan sikap bangga dirinya itu? Berikut ini tujuh nasihat indah dari para ulama yang mungkin layak untuk direnungkan.

1. Saat berjumpa anak-anak, katakan dalam diri: anak ini lebih mulia dariku karena ia belum dibebani dosa.
2. Ketika berjumpa orang yang usianya lebih muda, katakan dalam diri: orang ini lebih mulia karena tentu dosanya lebih sedikit dariku.
3. Apabila berjumpa orang yang usianya lebih tua, katakan dalam diri: orang ini lebih mulia karena telah beribadah kepada Allah lebih lama dibandingkan aku.
4. Jika berjumpa orang jahil, katakan dalam diri: orang ini lebih mulia karena ia berbuat dosa atas dasar kejahilan dan ketidakmengertiannya, sedangkan aku sering kali berbuat dosa dalam keadaan berilmu.
5. Bila berjumpa orang alim, katakan dalam diri: orang ini lebih mulia karena di dalam dadanya penuh ilmu.
6. Bahkan saat berjumpa orang jahat, janganlah merasa lebih mulia darinya, akan tetapi katakan dalam diri: boleh jadi orang ini akan bertobat di kemudian hari sehingga menjadi orang baik, sedangkan aku belum tahu pasti bagaimana akhir kehidupanku kelak.
7. Begitu pun saat bertemu orang kafir, katakan dalam diri: belum tentu orang ini kafir selamanya, boleh jadi ia mendapat hidayah dan kemudian masuk Islam.

Demikianlah tujuh nasihat sederhana dari para ulama. Semoga Allah menghindarkan kita dari sifat sombong, suka meremehkan orang lain, dan sifat ujub, bangga diri serta merasa lebih baik dari orang lain.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *