Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 12 September 2017

Tips Sehat Lahir-Batin Cara Rasulullah


Tips Sehat Lahir-Batin Cara Rasulullah

islamindonesia.id – Tips Sehat Lahir-Batin Cara Rasulullah

 

Apakah Anda ingin tahu rahasianya, mengapa Rasulullah SAW jarang sakit? Berikut ini beberapa cara hidup sehat yang Beliau amalkan dalam keseharian.

  1. Selalu bangun sebelum Subuh.

Mungkin hal ini terkait sabda Beliau yang menyatakan, “Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) salah seorang dari kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, ‘Malam masih panjang, tidurlah!’ Jika ia bangun lalu berzikir kepada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan shalat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas.” (HR. Bukhari no. 1142 dan Muslim no. 776)

  1. Aktif menjaga kebersihan.

Islam yang universal mengatur segala aspek kehidupan manusia. Salah satu hal yang sangat penting dalam ajaran Islam adalah masalah kebersihan. Hal ini sesuai firman Allah dalam Surah Al-Baqarah ayat 222, “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang mensucikan diri.”

Kebersihan yang dikehendaki oleh Islam adalah kebersihan seutuhnya, kebersihan lahir dan batin. Hal ini sebagaimana diterangkan dalam Surah Al-Maidah ayat 6, “… Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.”

Selain firman Allah, banyak juga hadis Rasul yang menerangkan tentang kebersihan. Seperti sabda Beliau, “Kuncinya shalat itu suci”. Dalam hadis lain Beliau bersabda, “Dirikan agama itu di atas suatu yang bersih (suci).”

Jelaslah bagi kita betapa penting arti kebersihan. Selayaknyalah bagi tiap Mukmin mengupayakan dirinya mampu membersihkan segala bentuk kekotoran baik lahir maupun batin supaya amal ibadah yang dikerjakannya lebih besar harapannya untuk diterima oleh Allah SWT.

  1. Tidak pernah makan berlebihan.

Hal ini diperkuat dengan sabda Beliau yang menyatakan, “Kami adalah satu kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak terlalu banyak (tidak sampai kekenyangan).” (Muttafaq Alaih)

  1. Gemar berjalan kaki.

Ya, Rasulullah berjalan kaki ke masjid, pasar, medan jihad dan saat Beliau mengunjungi rumah para sahabat.

  1. Sabar, tidak pemarah.

Bahkan dalam nasihat Rasulullah, perihal anjuran ‘jangan marah’ Beliau ulangi sampai tiga kali. Ini menunjukkan hakikat kesehatan dan kekuatan Muslim bukanlah terletak pada jasad, tetapi lebih kepada kebersihan jiwa.

  1. Optimis dan tidak putus asa.

Sikap optimis memberikan efek emosional yang mendalam bagi kelapangan jiwa selain harus memperbanyak sabar, istiqamah, bekerja keras serta tawakal kepada Allah.

  1. Tidak pernah iri hati.

Maka untuk menjaga stabilitas hati dan kesehatan jiwa, kita harus menjauhkan diri dari sifat iri hati.

  1. Pemaaf.

Pemaaf adalah sifat yang sangat diperlukan untuk mendapatkan ketenteraman hati dan jiwa.

***

Itulah di antara sekelumit tips untuk menjaga kesehatan lahir dan batin. Mungkin Anda berpikir, betapa sederhananya tips sehat lahir-batin cara Rasulullah ini. Jika menurut Anda demikian, semoga Anda mampu memraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *