Satu Islam Untuk Semua

Monday, 29 October 2018

Tiga Amalan Tampak Ringan Tapi Berat Dipraktikkan


Tiga Amalan Tampak Ringan Tapi Berat Dipraktikkan

islamindonesia.id – Tiga Amalan Tampak Ringan Tapi Berat Dipraktikkan

 

Berjalannya kehidupan tidak selamanya mulus. Kadang, kita harus menjalani kondisi yang amat sangat berat dan dalam waktu singkat berubah menjadi sangat mudah.

Tentu, apa yang terjadi dalam kehidupan berpengaruh terhadap kondisi kejiwaan kita. Jika tidak pandai menata hati dan jiwa, kehidupan bisa rusak sepenuhnya.

Sementara, Islam menganjurkan kita untuk melakukan sejumlah amalan terpuji. Bahkan, sebisa mungkin dilakukan dalam kondisi apapun.

Padahal, saat berada dalam kondisi terpuruk, sulit rasanya menjalankan amalan baik ini. Sementara, kita tetap dianjurkan mengerjakannya, yang apabila dalam kondisi nyaman tentu mudah melaksanakannya.

Lantas, apa saja amalan ringan namun begitu sulit dilakukan tersebut?

Mengutip pendapat Bisyr Al Harits, Imam Al Qusyairi, dalam kitabnya, Risalah Qusyairi, menjelaskan tiga amalan sebagaimana tersebut di atas.

Amalan pertama yaitu sedekah ketika rezeki sedang seret bahkan paceklik harta. Tentu, sedekah terasa berat saat berada dalam kondisi ini.

Kita terdesak untuk memenuhi kebutuhan hidup yang tentu saja kekurangan. Kondisi ini tentu membuat kita sangat berat untuk berbagi rezeki dengan orang lain.

Amalan kedua, menjaga diri dari perbuatan terlarang ketika sedang sendirian. Ketika sendiri, kita tentu merasa bebas. Tidak ada orang lain yang memperhatikan perbuatan kita.

Pada dasarnya, menjaga diri dilakukan manusia ketika berkumpul dengan sesamanya. Sementara di kala sendiri, seseorang merasa bebas melakukan apapun karena merasa tidak ada yang mengawasinya.

Sementara amalan ketiga yaitu menyampaikan kebenaran kepada orang yang ditakuti. Bertemu saja merasa takut, apalagi jika sampai menyampaikan kebenaran.

Tidak hanya harga diri yang terancam, nyawa juga bisa melayang. Meski demikian, risiko terburuk apapun harus tetap dihadapi.

Untuk dapat melakukan tiga amalan di atas, dibutuhkan kearifan dan kebijaksanaan. Ini agar tidak menimbulkan ketimpangan di masa mendatang.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *