Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 12 September 2017

Saat Ditimpa Ujian Berat, Jadikan Ayat-ayat Ini Sebagai Sahabat


Saat Ditimpa Ujian Berat, Jadikan Ayat-ayat Ini Sebagai Sahabat

islamindonesia.id – Saat Ditimpa Ujian Berat, Jadikan Ayat-ayat Ini Sebagai Sahabat

 

Betapa banyak masalah berat dalam menjalani hidup kerap melemahkan daya juang dalam jiwa dan raga seseorang. Maklumlah, setiap manusia biasanya punya impian dan cita-cita tinggi yang untuk meraihnya memerlukan perjuangan dan rintangan. Sayangnya, tidak semua siap dan sanggup melewati berbagai macam rintangan tersebut sehingga pada akhirnya benar-benar gagal dan bertambah putus asa.

Mestinya hal semacam ini tak boleh dibiarkan begitu saja. Artinya, jangan selalu berasumsi bahwa itu semua adalah “takdir buruk” semata. Karena seringkali, dalam setiap masalah berat yang muncul, justru terkandung pula hikmah terbaik yang pada akhirnya bisa dipetik.

Bukan hanya itu saja, bahkan di dalam ayat suci Al-Quran, Allah SWT dengan sangat jelas telah memberikan tuntunan terbaik, bagaimana seharusnya menghadapi masalah berat yang tengah terjadi.

Yakinlah, Anda Sanggup Menghadapinya

Semua permasalahan yang ada memang sudah diukur dan disesuaikan dengan kemampuan seseorang dalam menghadapi permasalahan tersebut. Sehingga tanamkanlah dalam benak pikiran dan hati Anda agar selalu berpikir positif, dan yakin bahwa Anda bisa menghadapinya.

Bukankah dalam Surah. Al-Baqarah ayat 286 sudah dinyatakan bahwa Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya?

Maha benar Allah dengan segala firman-Nya. Masalah memang datang dengan kadar ukuran yang berbeda bagi setiap manusia. Namun kita tak perlu cemas dan khawatir, karena semua permasalahan yang datang, memang sudah disesuaikan dengan kadar kemampuan yang kita miliki. Maka dari itu, saat berjuang menggapai impian, hendaknya selalu menyala pikiran positif meski itu berat bagi Anda. Tetaplah yakin dan optimis bahwa Anda bisa menghadapi ujian tersebut.

Sadari, Selalu Ada Kemudahan Bersama Kesulitan

Untuk menghadapi semua masalah yang ada, hilangkan rasa putus asa dalam menghadapinya. Karena dalam setiap masa sulit datang menimpa, bersamanya pasti ada solusi dan kemudahan asalkan Anda tak henti berusaha mengatasinya.

Hal ini sebagaimana dinyatakan secara berulang dalam Surah Al-Insyirah ayat 5 dan 6, “Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.”

Maka beranilah menghadapi semua permasalahan yang ada dengan pikiran positif, meski masalah itu terasa berat bagi Anda. Tetap yakinlah, selalu ada kemudahan bersama masa sulit tersebut.

Inilah Saatnya Anda Berubah Menjadikan Diri Lebih Baik

Tak selayaknya terus mengeluh tentang diri Anda yang tak bernasib sama seperti orang lain. Karena Anda bisa berubah untuk menjadi lebih baik selama Anda mau berusaha untuk berubah.

Bukankah Surah Ar-Rad ayat 11 sudah menyatakan, “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, hingga mereka mengubah diri mereka sendiri”?

Terus tumbuhkanlah semangat dan kegigihan upaya dalam diri Anda, agar Anda mampu menemukan solusi yang tepat dalam menghadapinya. Inilah saatnya Anda bisa berusaha untuk melakukan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin, lebih dari yang sebelumnya.

Selalu Ada Hikmah di Balik Hal yang Tak Disukai

Dihadapkan pada sesuatu hal yang tak disukai, biasanya akan timbul sedih, benci, marah, kecewa, yang pada akhirnya berujung putus asa. Padahal jika diperhatikan, selalu ada hikmah dan kebaikan di balik suatu yang tidak disukai tersebut.

Hal ini sebagaimana dinyatakan dalam Surah Al-Baqarah ayat 216, “Dan boleh jadi kamu membenci sesuatu tetapi ia baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu tetapi ia buruk bagimu, dan Allah mengetahui dan kamu tidak mengetahui.”

Maka janganlah mudah berputus asa. Berbaiksangkalah terhadap apapun yang Anda alami dan terus bersemangatlah menjadi yang terbaik.

Senantiasa Bertakwa dan Bertawakallah Kepada-Nya

Bertakwa dan bertawakal kepada Allah ketika menghadapi masalah berat, memang bisa menjadi penenang hati gundah dan penghilang rasa putus asa. Dengan kedua akhlak mulia ini, pupuklah rasa juang yang kuat untuk menghadapi semua permasalahan yang ada.

Yakin dan percayalah terhadap apa yang sudah dinyatakan dalam Surah Ath-Thalaq ayat 2 dan 3, “Barang siapa bertakwa kepada Allah, maka Dia (Allah) akan menjadikan jalan keluar baginya, dan memberinya rezeki dari jalan yang tidak ia sangka. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah maka cukuplah Allah baginya, Sesungguhnya Allah melaksanakan kehendak-Nya, Dia (Allah) telah menjadikan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”

Dengan modal takwa dan tawakal kepada Allah SWT saat kita menghadapi ujian yang berat dalam hidup, yakinlah bahwa Allah akan melapangkan jalan keluar dan datangnya rezeki yang tak disangka. Inilah solusi terbaik bagi kita, yang perlu selalu diterapkan dalam menjalani hidup sehari-hari.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *