Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 10 August 2016

Lima Hal Ini Bisa Membuat Anda Jadi Orang Besar


10-ilmuwan-muslim-yang-ubah-wajah-dunia-754

Islamindonesia.id– Lima Hal Ini Bisa Membuat Anda Jadi Orang Besar

Lima hal berikut ini akan membantu Anda untuk menjadi orang besar.

  1. Mengerjakan pekerjaan dengan senang hati.

Hendaknya semua orang bekerja sesuai dengan keinginan dan kecenderungan masing-masing. Para pelajar, misalnya, sebaiknya memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan mereka, supaya mereka bisa belajar dengan perasaan senang dan gembira.

Edison pernah ditanya, “Kenapa kebanyakan para pelajar tidak sampai pada kesuksesan?” Dia menjawab, “Karena mereka mempelajari sesuatu yang tidak mereka inginkan.”

  1. Berusaha keras.

لَيْسَ لِلْإِنْسانِ إِلاَّ ما سَعى

Seorang manusia tidak akan mendapatkan ganjaran, kecuali apa yang diusahakannya. (Surah an-Najm [53]: 39)

Sejarah mencatat bahwa Napoleon hanya tidur selama lima jam dalam sehari dan sisanya dia gunakan untuk bekerja.

Mark Zuckerberg ketika ditolak oleh Universitas Harvard, tatkala ia ingin membuat buku direktori mahasiswa online supaya setiap mahasiswa baru bisa saling berkenalan, ia tidak berhenti dan putus asa. Malahan ia berusaha dengan keras untuk mewujudkannya.

“Saya ingin menunjukkan kalau hal itu bisa dilakukan.”

  1. Percaya pada tujuan.

Orang yang sakit yang mempunyai tujuan untuk sembuh akan meminum obat walaupun obatnya sangat pahit. Ia juga akan dengan suka rela untuk dioperasi. Karena ia percaya pada tujuan dari apa yang ia lakukan.

  1. Bertahan dan sabar.

Seandainya ada seorang tukang kebun yang hendak menghijaukan sebidang tanah gersang dan membuatnya menjadi kebun bunga maka ia harus menyiraminya setiap hari secara konsisten dan bersabar untuk sampai pada cita-citanya.

George Stephenson, penemu rel kereta api, dulunya adalah seorang pelajar yang lambat dalam memahami. Namun dia bertahan dan bersabar sehingga di tahun 1825, dia menjadi orang pertama yang mampu membuat kereta api pengangkut barang.

Rintik-rintik air hujan, tatkala ia jatuh pada kubangan besar dan berkumpul maka akan menjadi lautan. Namun ketika ia jatuh berceceran pada tanah yang datar maka hanya akan merembes ke dalam tanah.

Kalam/Islamindonesia.id/Foto: http://ramadan.sindonews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *