Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 10 September 2016

KISAH – Mengintip Rasul Saw sebagai Pengemban Amanah


Lafadz-Nabi-Muhammad

Islamindonesia.id – KISAH — Mengintip Rasul Saw sebagai Pengemban Amanah.

 

Ketika Perang Khaibar, Rasul Saw dan pasukan Muslimin dalam keadaan sangat sulit. Sedemikian sulitnya, mereka terpaksa harus memakan daging dari hewan yang ‘makruh’. Demikianlah keadaan pasukan Muslimin pada waktu itu.

(Baca juga: Mengintip Hidup Nabi yang Sederhana)

Tatkala itu, seorang laki-laki datang menghadap Rasul Saw. Ia berkata, “Wahai Rasulullah! Aku adalah seorang Yahudi dan mengembala adalah pekerjaanku. Aku sedang membawa domba-domba orang Yahudi yang ingin aku kembalikan lagi kepada pemiliknya. Sekarang, aku ingin engkau menjelaskan kepadaku tentang hakikat Islam. Sehingga aku bisa bangga menjadi seorang Muslim.”

Rasul Saw memandangnya dengan penuh welas dan asih. Lalu, beliau mengajarkan tentang Islam hingga dua kalimat syahadat kepadanya.

(Baca juga: Mengintip Kesetiaan dan Tepat Janji Nabi saw)

Setelah memeluk agama Islam, laki-laki tersebut pergi dan tak lama kemudian kembali lagi ke sisi Rasulullah dengan domba-domba yang banyak.

“Wahai Rasulullah! Ini adalah domba-domba orang-orang Yahudi yang sekarang sedang berperang denganmu. Sekarang engkau dan pasukan Muslimin sedang kesulitan. Menurutku, ambillah domba-domba ini sebagai harta rampasan perang, sehingga kesulitan ini dapat teratasi.” jelasnya.

(Baca juga: Mengintip Tabiat Pemaaf dan Pemurah Rasul saw)

Rasul Saw menatapnya dan bersabda, “Wahai Fulan! Khianat dalam amanah merupakan sebuah dosa besar dalam agama Islam. Sekarang kamu adalah seorang Muslim maka kamu harus menjalankan ajaran Islam dan menjaga amanah adalah sesuatu yang wajib. Maka pergilah engkau ke Benteng Khaibar dan kembalikanlah domba-domba ini kepada pemiliknya!” []

 

Kalam/Islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *