Satu Islam Untuk Semua

Monday, 27 February 2017

HIKMAH – Resep Hidup Damai dan Sejahtera


Happinesspursuit-of-balloons-2-col-cjmadden

islamindonesia.id -HIKMAH – Resep Hidup Damai dan Sejahtera

 

Resep untuk hidup damai dan sejahtera sebenarnya tidak berbelit-belit. Jangan lakukan kepada orang lain apa-apa yang kita tak ingin lakukan kepada kita. Iniah aturan yang biasa disebut sebagai the Golden Rule. Sayangnya, aturan yang sangat simpel dan adil ini jauh lebih mudah dikatakan ketimbang dilaksanakan.

Kapan saja kita akan melakukan sesuatu, kepentingan diri sendiri selalu – secara refleks – kita dahulukan. Selain berbeda kemuliaannya, makhluk yang bernama manusia ini memang memiliki kecenderungan egoistik dan egotistik. Bukan itu saja. Pemuasan kepentingan diri sendiri itu tak jarang diselenggarakan tanpa peduli pada hak-hak orang lain.

Akibatnya, kita lebih sering merampas hak orang lain dan melanggar prinsip keadilan pada saat kita merasa sedang berupaya memenuhi hak-hak kita.

Bagaimana cara mengajar diri kita untuk tidak secara sewenang-wenang merampas hak orang lain? Percayalah bahwa kesuksesan, apalagi kebahagiaan kita tidak terletak pada seberapa besar hak-hak kita terpenuhi, melainkan pada seberapa besar kita berupaya untuk memastikan bahwa orang lain mendapatkan hak-haknya. Bahkan terkadang dengan pengorbanan pemenuhan keinginan-keinginan kita melalui berbagai sarana yang ada di luar diri kita.

Kebahagiaan memang tidak bersifat ekstrinsik. Kebahagiaan tidak lain, kecuali bersifat intrinsik. Dia berada di dalam hati kita. Di dalam perasaan tenteram dan keyakinan bahwa hidup kita telah bermakna bagi orang lain.[]

 

Haidar Bagir (dalam buku Percikan Cinta dan Kebahagiaan)

 

YS/islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *