Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 17 March 2018

HIKMAH – Keikhlasan Hati, Kesempurnaan Hidup


HIKMAH – Keikhlasan Hati, Kesempurnaan Hidup

islamindonesia.id – Keikhlasan Hati, Kesempurnaan Hidup

 

Di ujung masa pembelajarannya setelah sekian lama, seorang murid bertanya kepada sang Guru, “Wahai Guru, bagaimana cara mendapatkan sesuatu yang paling sempurna dalam hidup?”

Setelah merenung sejenak sang Guru menjawab, “Untuk mendapatkan jawabannya, berjalanlah lurus ke depan di taman bunga. Petiklah bunga yang paling indah. Setelah itu, jangan pernah lagi kembali ke belakang!”

Si Murid pun bergegas mempraktikkan perintah yang sekilas terdengar sederhana itu. Namun hingga dirinya sampai di ujung taman, tak satu pun tergenggam bunga di tangannya. Tak disangka, dia kembali kepada gurunya dengan tangan hampa.

“Mengapa tak kau petik barang satu bunga pun?” tanya sang Guru heran.

Si Murid menjawab jujur, “Sebenarnya tadi aku sudah menemukan bunga terindah. Namun sengaja tidak kupetik…”

“Apa alasanmu tak memetiknya? Bukankah memang bunga terindah itu yang kau cari? Atau di taman itu sama sekali tak ada bunga yang indah?” sergah sang Guru.

“Ya itulah. Karena kupikir, siapa tahu di depan sana masih ada yang lebih indah? Namun saat sudah sampai di ujung taman, aku baru sadar bahwa bunga yang kulihat sebelumnya tadi memang yang terindah. Tapi sayangnya, seperti kata Guru, saat itu sudah terlarang bagiku kembali ke belakang lagi,” sesal si Murid.

Sang Guru tersenyum dan kemudian berkata, “Ya… begitulah hidup. Semakin kita kejar kesempurnaan, semakin sulit, bahkan mungkin kita takkan pernah mendapatkannya. Karena sejatinya kesempurnaan yang hakiki itu tidak akan pernah ada. Itulah sebabnya diperlukan keikhlasan hati kita untuk menerima segala kekurangan yang ada. Dalam keikhlasan hati itulah bakal kau temukan kesempurnaan hidup.”

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *