Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 31 December 2017

HIKMAH – Hadapilah Kenyataan Sekalipun Pahit


HIKMAH – Hadapilah Kenyataan Sekalipun Pahit

islamindonesia.id – Hadapilah Kenyataan Sekalipun Pahit

 

Pernah dihadapkan pada masalah yang berat dan seakan tidak pernah ada habisnya? Semua orang tentu pernah mengalaminya. Rasanya ingin kabur dan menghilang sejenak, dengan harapan segalanya dapat kembali baik-baik saja setelah ditinggalkan. Nyatanya? Semua tetap sama dan memang benar adanya, lari dari masalah tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Bahkan kerap hanya menunda dan terkadang justru memunculkan masalah yang baru.

Lalu apa yang harus dilakukan saat menemukan masalah? Hadapi. Segala macam pelarian, sejauh manapun melangkah, sekuat apapun menghindar kita akan dihadapkan kenyataan bahwa kita harus menghadapinya. Serumit apapun keadaannya. Jangan sampai sudah lari, lelah eh ternyata harus menerima kenyataan bahwa kita kalah.

Memang tidak menyenangkan harus menghadapi kenyataan yang tidak kita inginkan. Rasanya berat. Tapi yang perlu dilakukan adalah mencoba untuk sedikit lebih ikhlas dan berlapang dada. Semua hal yang tidak kita sukai, lebih baik dihadapi. Segala hal yang sudah kita mulai, berusahalah untuk menuntaskan dan jangan hanya meratapinya.

Berhenti Sejenak dan Merasa Cukup

Hidup memang tidak selalu berjalan sebagaimana yang kita mau, tapi kita tetap punya pilihan untuk percaya bahwa semua akan baik-baik saja. Jadi mengapa tidak mengambil keputusan berhenti untuk merasa cukup? Bukan untuk menyerah, tapi sekadar keputusan terbaik yang memang seharusnya kita ambil.

Mengapa kita harus merasa cukup? Karena kita tidak kuasa mengendalikan segalanya. Adakalanya kita harus bertemu dan terbentur dengan hal yang di luar kendali kita. Bertemu dengan hal yang kurang menyenangkan. Memang tidak mudah, tapi tidak ada yang sia-sia dan tidak ada yang tidak dapat dikerjakan. Yang kita butuhkan adalah sedikit rasa percaya yang lebih banyak. Percaya bahwa kita dapat melewatinya. Tentu saja dengan kehendak, kuasa dan pertolongan-Nya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *