Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 07 September 2017

Hikmah Di Balik Tidak Tahu


Hikmah Di Balik Tidak Tahu

islamindonesia.id – Hikmah Di Balik Tidak Tahu

 

Banyak hal dalam hidup, yang terjadi di luar prediksi. Banyak kenyataan yang berlaku, justru berbeda dengan harapan yang kita mau. Karena manusia hanya bisa berusaha dan taati perintah-Nya. Selebihnya, semua akan terjadi sesuai kehendak-Nya, karena hanya Dialah yang Maha Tahu, sementara kita tidak tahu apa-apa.

Tapi, sadarkah kita bahwa sesungguhnya banyak sekali terkandung hikmah di balik segala ketidaktahuan itu?

Nabi Nuh belum tahu banjir akan datang ketika ia membuat kapal di puncak gunung dan ditertawai kaumnya. Nabi Ibrahim belum tahu akan tersedia domba ketika pisau tajam nyaris memenggal leher buah hatinya. Nabi Musa belum tahu laut bakal terbelah saat dia diperintah Allah memukulkan tongkatnya.

Para Nabi mulia itu hanya tahu bahwa mereka harus patuh pada perintah Allah dan tanpa berhenti berharap yang terbaik dari-Nya. Siapa sangka, ternyata di balik ketidaktahuan itu, Allah telah menyiapkan kejutan terbaik-Nya.

Begitulah, seringkali Allah berkehendak di detik-detik terakhir dalam pengharapan dan ketaatan hamba-hamba-Nya.

Mungkin itu sebabnya mengapa kita tak layak berkecil hati saat sepertinya belum ada jawaban atas doa yang kita panjatkan kepada-Nya. Karena kadang Allah mencintai kita dengan cara-cara yang tidak kita duga dan bahkan tidak kita suka.

Seperti kata orang-orang bijak, semua itu karena Allah hanya akan memberi apa yang kita butuhkan, bukan sekadar apa yang kita inginkan. Maka, lakukan bagianmu saja, dan biarkan Allah mengerjakan bagian-Nya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *