Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 08 August 2017

Dua Belas Lelaku Terpuji yang Layak Diamalkan


Dua Belas Lelaku Terpuji yang Layak Diamalkan

islamindonesia.id – Dua Belas Lelaku Terpuji yang Layak Diamalkan

 

Sebenarnya, banyak contoh amal kebaikan dengan pahala luar biasa, namun tak semua orang mampu melakukannya, baik karena keterbatasan waktu, tenaga maupun biaya.

Namun tak sedikit pula contoh lelaku baik, yang sederhana dan dapat dengan mudah dilakukan oleh setiap orang dengan harapan mendapatkan balasan terbaik dari Tuhan. Apa saja?

Berikut di antaranya, dua belas lelaku terpuji yang insya Allah dapat dengan mudah kita lakukan dalam keseharian.

1. Letakkanlah sedikit makanan kucing dan semangkuk air di luar rumah untuk kucing-kucing yang datang.

2. Sisihkanlah sedikit dari hasil gaji atau upah jerih payah kita, untuk disumbangkan kepada anak yatim dan fakir miskin.

3. Senantiasa sediakan uang kecil di dalam dompet untuk diberikan kepada yang memerlukan.

4. Letakkanlah di kamar sebuah kotak. Setiap kali merasa melakukan dosa, masukkan uang kecil kedalamnya. Genap 1 bulan, buka kotak itu dan sedekahkan uang tersebut.

5. Jika hadir dalam suatu acara (keluarga, kerabat atau sahabat), belilah 1 atau 2 kotak air mineral, niatkan untuk disedekahkan kepada orang yang memerlukannya (orang tua, orang sakit, anak-anak dan lain-lain).

6. Jika membeli barang dari pedagang-pedagang kecil kemudian sang pedagang ingin mengembalikan uang kembalian atau uang recehan, biarkan uang recehan itu untuknya (disedekahkan atau dihadiahkan).

7. Belilah Mushaf (Al-Qur’an), letakkan di salah satu masjid. Bayangkan berapa pahala yang akan kita dapat dari setiap huruf dari mereka yang membacanya.

8. Berikanlah perasaan gembira kepada setiap orang, khususnya kepada mereka-mereka yang sedang ditimpa kesedihan, dengan senyuman dan ucapan serta doa yang tulus.

9. Lemparkanlah senyuman kepada orang yang ditemui, berilah salam kepada orang yang duduk dan berbicaralah dengan ucapan yang baik karena semuanya adalah sedekah.

10. Jangan biarkan diri tertidur, melainkan telah kita maafkan setiap orang yang telah berbuat jahat kepada kita berupa penghinaan, menyebarkan fitnah dan kezaliman atas diri kita.

11. Setting pada handphone kita, tanda peringatan pada waktu-waktu tertentu sebagai pengingat untuk membaca surah Al-Fatihah atau Al-Ikhlas yang dihadiahkan kepada kedua orangtua, baik yang masih hidup atau yang telah wafat.

12. Kirimkan tips lelaku kebaikan sederhana ini ke semua teman atau sanak famili. Siapa tahu ada di antara mereka yang mau mengamalkan sehingga kita pun akan beroleh pahala karenanya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *