Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 18 July 2017

Cara Tercepat dan Jalan Terdekat Menuju Tuhan


Cara Tercepat dan Jalan Terdekat Menuju Tuhan

islamindonesia.id – Cara Tercepat dan Jalan Terdekat Menuju Tuhan

 

Suatu ketika, Abu Said Abu al-Khair bertanya kepada para muridnya, tentang siapakah orang yang menurut mereka paling dekat kepada Tuhan.

Seorang murid berkata kepada Abu Said Abu al-Khair, “Guru, di tempat lain ada orang yang bisa terbang.” Abu al-Khair menjawab, “Tidak aneh. Lalat juga bisa terbang.”

Murid berkata lagi, “Guru, di sana ada orang yang bisa berjalan di atas air.”

Abu al-Khair menjawab, “Itu pun tak aneh. Katak juga bisa berjalan di atas air”

Murid berujar lagi, “Guru di negeri itu ada orang yang bisa berada di beberapa tempat sekaligus.”

Abu al-Khair menjawab, “Apa yang aneh. Toh setan pun bisa seperti itu. Setan bahkan bisa berada di hati jutaan manusia dalam waktu bersamaan.”

Akhirnya, murid-muridnya bingung dan bertanya, “Kalau begitu, bagaimana cara paling cepat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT?”

Mendapati para muridnya ternyata beranggapan bahwa orang yang paling dekat kepada Allah SWT adalah orang yang dianugerahkan kelebihan atau kemampuan supranatural seperti yang sifat-sifat dan kemampuannya mereka sebutkan, Abu al-Khair pun akhirnya menegaskan, “Banyak jalan menuju Tuhan, sebanyak bilangan napas para pencari Tuhan. Tetapi, tak ada jalan yang paling dekat dan cepat menuju Tuhan kecuali dengan membahagiakan orang-orang di sekitarmu.”

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *