Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 29 November 2018

Agama dan Orang yang Mengaku Beragama


Agama dan Orang yang Mengaku Beragama

islamindonesia.id – Agama dan Orang yang Mengaku Beragama

 

Agama mengajarkan jangan berdusta, lalu sebagian orang yang mengaku beragama rajin sebar berita bohong demi klaim bela agama.

Agama mengajarkan jangan memfitnah, lalu sebagian orang yang mengaku beragama rajin memfitnah untuk apa yang mereka sebut berdakwah mengikuti sunnah.

Agama mengajarkan jangan su’ul adab (beradab buruk), lalu sebagian orang yang mengaku beragama rajin mencaci-maki dan berkata kasar hanya karena beda pendapat dan pandangan di antara mereka.

Agama mengajak menjaga ukhuwah dan kerukunan, lalu sebagian orang yang mengaku beragama rajin bertengkar dan berbuat adu domba demi apa yang mereka yakini demi menjaga ukhuwah.

Agama mengajarkan, jika kamu tidak malu, berbuatlah semaumu, lalu sebagian orang yang mengaku beragama tidak malu menghalalkan apa saja entah demi apa.

Sebagian orang yang mengaku beragama rajin melakukan itu semua hampir tiap hari, didasari rasa percaya diri seolah tanpa dosa.

Begitulah tabiat dan lelaku itu berlangsung leluasa tanpa kendala. Pada saat yang sama, sebagian dari anak-anak mereka diam-diam mengamati, lalu menirukannya.

Hingga suatu masa kelak, tak mustahil agama ditolak, ditakuti dan dijauhi, bukan karena telah berubah nilai-nilai sucinya. Namun justru akibat ulah mereka yang mengaku beragama, telah gagal menampilkan agama dengan wajah cinta, keteladanan akhlak dan keluhuran etika.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *