Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 05 May 2020

Kolom Haidar Bagir – Apa Makna Ramadhan sebagai Nama Allah? Menafsir dalam Perspektif Ibnu Arabi


islamindonesia.id – Apa Makna Ramadhan sebagai Nama Allah? Menafsir dalam Perspektif Ibnu Arabi

Apa Makna Ramadhan sebagai Nama Allah? Menafsir dalam Perspektif Ibnu Arabi

Oleh Haidar Bagir | Presiden Direktur Kelompok Mizan, penulis buku-buku tentang Tasawuf, dan Dai Islam Cinta

Ramadhan sesungguhnya adalah salah satu dari nama-nama Allah. Maka, sebutan bulan Ramadhan maknanya adalah bulan Allah. Gagasan tentang “Ramadhan” sebagai nama Allah ditegaskan dalam beberapa hadis, baik yang diriwayatkan dalam madzhab ahlus-Sunah maupun Syiah:

“Jangan menyebut bulan puasa dengan ‘Ramadhan’ (saja) karena ia adalah salah satu nama Allah, namun sebutlah dengan ‘Bulan Ramadhan’.” (HR Al Baihaqi, Adz-Dzahabi, Ibnu Adi, Ibnu Katsir)

Ramadhan berasal dari kata ramadh yang berarti panas terik. Jika diasalkan kepada kata ramadhiy istilah ini malah bermakna hujan di akhir musim, sebelum tibanya musim panas.

Bulan suci ini disebut Ramadhan karena – menurut pemahaman umum – ini adalah bulan yang menjadi sarana membakar dosa-dosa manusia.

Tapi apa makna kata “Ramadhan” jika dikaitkan dengan Allah sebagai salah satu namanya? Sifat Allah yang mana yang diwakili oleh istilah ini?

Ibn Arabi dalam penjelasannya dalam Futuhat, antara lain, mengatakan bahwa dicegahnya nafsu-nafsu makan, minum, hubungan suami isteri, dan lain-lain bagi orang yang berpuasa sesungguhnya telah menimbulkan gejolak panas dalam diri manusia.

Yakni yang timbul dari gesekan akibat upaya keras menahan/melawan semua hawa nafsu itu. Jadi, panas dalam konteks ini adalah wujud “penderitaan” yang timbul akibat menahan nafsu.

Saya pun mencoba mengait-ngaitkan gagasan Ibnu Arabi ini dengan gagasannya tentang neraka. Neraka yang akan ditimpakan Allah kepada manusia-manusia yang zhalim, hakikatnya adalah api yang panas. Yang dirasakan oleh si pendosa akibat proses pembersihan dosa-dosanya.

Sebagai demikian, ia adalah sumber siksa (‘adzaab). Tapi, pada saat yang sama panas api neraka adalah bagian dari rahmat Allah Swt. Dalam surat al-Rahman, neraka jahannam dan siksaan panasnya disebut sebagai aalaa’ (karunia atau nikmat (QS al-Rahmaan 41-45).

Sejalan dengan itu, kata ‘adzaab berakar dari kata ‘ayn-dzal-ba’, yang juga bisa membentuk kata ‘adzb. Maknanya rasa manis yang menyegarkan.

Artinya, menimpakan penderitaan berupa rasa panas yang bersumber dari api neraka adalah bagian dari kasih sayang Allah untuk membersihkan manusia yang berdosa, ketika manusia sudah tak bisa beramal untuk membersihkan dosanya sendiri.[1]

Bukankah amal hanya bisa dilakukan di dunia, sedang siksa – di barzakh atau akhirat – ditimpakan setelah manusia mati? Maka neraka yang panas itu sesungguhnya adalah semacam purgatorio, atau kawah penyucian. Agar pada akhirnya manusia yang masih kotor oleh dosa bisa disucikan kembali, dan merasakan ‘adzaab sebagai adziib, lalu merasakan kebahagiaan abadi.

Jadi seperti panas yang diderita oleh orang yang berpuasa, tebusannya adalah untuk membersihkannya dari dosa, maka panas neraka adalah untuk membersihkan dosa-dosa juga, setelah amal-amal pembersih dosa tak bisa dilakukannya lagi.

Dari sinilah makna umum Ramadhan sebagai bulan penggugur dosa-dosa kiranya berasal. Sedang sebagai nama Tuhan, Ramadhan berarti sifat-Nya yang menimpakan ‘adzaab panas api neraka dengan maksud membahagiakan manusia pada akhirnya.

Dalam kaitan ini, makna Ramadhan sebagai hujan di akhir musim sebelum musim panas makin menegaskan bahwa penderitaan itu adalah bagian dari rahmat, sebagaimana hujan adalah rahmat. WalLaah a’lam. []

Catatan kaki:


[1] Sambil lalu (pembahasan yang lebih rinci ada di tulisan saya yang lain), saya sampaikan bahwa saya sendiri ikut pandangan bahwa siksa neraka itu tidak abadi, meski neraka itu abadi.

PH/IslamIndonesia/Foto ilustrasi: milli.az

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *