Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 10 June 2017

Tujuh Tradisi Unik Ramadhan di Turki


Tujuh Tradisi Unik Ramadhan di Turki

islamindonesia.id – Tujuh Tradisi Unik Ramadhan di Turki

 

Turki merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di Eropa. Seperti kebanyakan negara lain, Turki juga memiliki tradisi unik ketika bulan Ramadhan tiba. Banyak kegiatan dan tradisi unik dilakukan oleh warga Muslim ketika bulan puasa berlangsung. Inilah tradisi unik bulan Ramadhan di Turki yang tidak ditemui di negara lain. kecuali Indonesia.

1. Membangunkan sahur
Seperti di Indonesia, Muslim Turki memiliki tradisi membangunkan sahur dengan menabuh drum atau bedug berjalan keliling perumahan rumah atau kota. Tradisi ini masih dilakukan hingga kini sebagai ciri khas ketika bulan Ramadhan berlangsung.

2. Toko-toko buka hingga larut malam
Salah satu tradisi warga turki saat bulan Ramadhan berlangsung adalah toko-toko buka hingga larut malam. Muslim Turki banyak melakukan aktifitas di malam hari baik hanya sekedar makan atau belanja. Saat malam tiba kota menjadi ramai dipenuhi warga yang berjalan-jalan dan berbelanja.

3. Tradisi barter makanan dengan tetangga
Salah satu tradisi unik ketika Ramadhan di Turki adalah melakukan barter atau saling menukar hidangan dengan tetangga menjelang berbuka. Tradisi ini bertujuan untuk mempererat silahturahmi bersama tetangga. Selain itu tradisi ini bertujuan untuk menjalin kebersamaan dan berbagi di kalangan Muslim. Sehingga tak ada umat Muslim di Turki yang kelaparan ketika berbuka.

4. Buka bersama
Buka bersama mungkin adalah kegiatan tradisi Ramadhan yang lumrah di Indonesia. Namun ternyata di Turki pun ada tradisi buka bersama. Muslim Turki melakukan buka bersama di teras sekitar masjid maupun di jalanan di sekitar kota. Mereka berbaris berhadapan dan makan bersama warga Muslim lainnya.

5. Takjil gratis
Muslim Turki yang memiliki kelebihan rezeki biasanya menyumbangkan sebagian dana ke pengurus masjid untuk mengelola hidangan pembuka puasa atau biasa disebut takjil untuk dimakan bersama ketika buka bersama.

6. Shalat tarawih berjamaah
Bulan Ramadhan tak lengkap jika tak menjalankan ibadah sunah. Warga Muslim Turki juga melakukan shalat tarawih berjamaah di masjid. Bahkan masjid dipenuhi oleh umat Muslim yang sedang shalat tarawih hingga memenuhi halaman masjid.

7. Makanan khas Ramadhan
Bulan Ramadhan tak lengkap jika ada makanan khas bukan? Turki sendiri mempunyai tradisi hidangan khas Ramadhan yakni Roti Gozleme dan Lavas. Roti merupakan makanan pokok warga Turki yang berbentuk sangat tipis, tak heran jika roti Gozleme dan Lavas selalu ludes terjual saat Ramadhan.

Itulah tujuh tradisi unik saat bulan Ramadhan di Turki, yang sebagiannya tak jauh beda dengan tradisi Ramadhan di Indonesia.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *