Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 19 September 2017

Lima Tradisi Unik Sambut Tahun Baru Islam


Lima Tradisi Unik Sambut Tahun Baru Islam

islamindonesia.id – Lima Tradisi Unik Sambut Tahun Baru Islam

 

Tahun Baru Islam, tepatnya tanggal 1 Muharram 1439 H tak lama lagi akan segera datang. Apa yang bisa dilakukan dalam menyambutnya? Berikut ini lima tradisi unik yang kerap dilakukan oleh kaum Muslimin di beberapa daerah di Tanah Air dalam menyambut Tahun Baru Islam.

1. Istighatsah

Acara Istighatsah ini biasa dilaksanakan oleh warga Subang. Mereka menyambut Tahun Baru Islam dengan memanjatkan doa untuk merenungi tindakan dan sebagai rasa syukur atas nikmat yang sudah diberikan Allah SWT. Mudahnya, bisa kamu lakukan juga di rumah dengan berdoa bersama-sama keluarga ataupun sendiri.

2. Lempar Ketupat

Kalau lebaran, kita sudah pasti banyak menemukan ketupat sebagai hidangan. Berbeda dengan Tahun Baru Islam, oleh warga dusun Muneng di Semarang, mereka biasa melakukan tradisi lempar ketupat dan azan empat arah sebagai simbol agar diberikan keselamatan untuk seluruh warga. Bukan mubazir, karena ketupatnya masih bisa dikonsumsi.

3. Santunan 10 Muharram

Dalam Islam, semua hari adalah hari yang baik. Namun spesial pada bulan Muharram ini, umat Islam di Bogor mengisi peringatan dengan memberi santunan pada anak yatim yang menurut mereka, hari ini bertepatan juga dengan ‘lebaran yatim’ dan kesempatan untuk berbagi. Nah, perlu dicontoh nih, daripada libur tanpa berkegiatan, yuk coba berbagi dari hal terkecil seperti makanan di rumah.

4. Festival Tabuik

Jangan cuma tahun baru tanggal 1 Januari saja, kita berisik dengan terompet. Tapi contoh nih warga Pariaman yang menampilkan festival Pertempuran Karbala, mereka memainkan drum Tassa dan Dhol dalam rangka meningkatkan keimanan sekaligus melestarikan budaya. Festival ini mengacu pada kisah nyata sejarah kelam dalam Islam, ketika cucu Nabi SAW yang bernama Sayyidina Husein, beserta seluruh anggota keluarga dan para sahabatnya dibunuh secara kejam oleh tentara Yazid di suatu tempat bernama Padang Karbala.

5. Atraksi Tongkat Api

Nah, atraksi ini bisa dilihat hanya setahun sekali. Atraksi tongkat api dari Cirebon ini dilakukan oleh para santri dengan atraksi sepak bola dan tongkat api yang bermakna bahwa semua tantangan dapat dilalui jika percaya kepada Allah SWT. Berani coba?

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *