Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 26 August 2017

Khasiat Tersembunyi Mandi Kembang dalam Tradisi Jawa


Khasiat Tersembunyi Mandi Kembang dalam Tradisi Jawa

islamindonesia.id – Khasiat Tersembunyi Mandi Kembang dalam Tradisi Jawa

 

Jika mendengar ada seseorang mandi kembang, maka yang terlintas dari pikiran adalah hal mistis. Ya, mandi kembang di Indonesia memang lebih identik dengan ritual mistis.

Tapi, ternyata ritual mandi kembang memiliki manfaat lain di luar hal mistis. Dengan mandi kembang, terutama kelopak mawar, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat kesehatan yang tidak terkira sebelumnya.

Di sisi lain, mandi kembang lebih dikenal sebagai ritual kejawen (adat Jawa). Setelah diteliti berkali-kali, ditemukan fakta bahwa ritual mandi kembang mampu membersihkan aura manusia. Aura yang kuat dan bersih yang berasal dari kesehatan fisik dan juga mental dapat diperoleh dengan melakukan ritual tersebut.

Ditambah lagi, wewangian yang berasal dari bunga-bunga terpilih itu juga dapat mempengaruhi sistem kerja saraf tubuh manusia, sehingga membuat seseorang dapat melakukan hal-hal yang lebih positif. Karena pkiran dan hatinya bersih, maka apa yang dilakukannya juga akan menjadi baik.

Pada sastra kitab klasik, telah dijabarkan oleh Jalaludin As Suyuthi mengenai makna filosofis dari ritual mandi kembang. Selain menimbulkan energi, bunga memiliki ciri aromanya masing-masing. Aroma sedap yang tercium dari bunga, serta bentuk dan warnanya yang indah akan memberikan perasaan nyaman bagi siapapun yang melihatnya.

Bagaimana ilmu kesehatan modern memandang tradisi mandi kembang? Berikut manfaat dari mandi kembang untuk kesehatan yang dilansir dari laman Thehealthsite, Jumat (25/8/2017):

1. Membantu menurunkan berat badan

Kelopak mawar mengandung senyawa yang meningkatkan metabolisme selain membersihkan racun dari dalam tubuh, sehingga mendorong penurunan berat badan. Terlepas dari itu, makan kelopak mawar memuaskan indera Anda dan mencegah makan berlebihan, sehingga membantu menurunkan berat badan dengan cara alami.

2. Berperan sebagai afrodisiak alami

Mawar bukan hanya simbol cinta, tapi juga afrodisiak alami. Kelopak mawar sangat efektif dalam membantu seseorang merasa aktif secara seksual yang pada akhirnya juga mengendalikan jantung, pikiran dan sistem saraf.

3. Meredakan stres dan depresi

Dengan kelelahan dan stres, maka bisa timbul insomnia dan kegelisahan yang mengakibatkan iritabilitas dan frigiditas. Mandi kembang bisa mengalahkan gejala ini, sehingga pikiran menjadi lebih tenang. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Fisiologi dan Patologi Universitas Paraiba-Caixa, saat mandi kembang kita juga akan menghirup aromanya, sehingga menghasilkan efek sedatif.

4. Membantu mengatasi wasir

Ya, Anda tidak salah dengar, mandi kembang, khususnya mawar dapat menjadi bantuan alami untuk mengatasi masalah wasir. Hal ini karena kembang kaya kandungan serat dan air, serta mengandung senyawa yang membantu proses pencernaan dengan membuang racun dari dalam tubuh. Selain itu, mandi kembang cukup efektif melawan wasir berdarah dan bantuan instan untuk mengatasi rasa sakitnya.

5. Terlihat lebih muda

Mandi kembang membantu mengatasi iritasi kulit pada kulit sensitif, menyeimbangkan kulit berminyak, menghaluskan dan memberi warna segar pada kulit. Seiring dengan menjadi pilihan yang baik sebagai zat, ini berfungsi sebagai pembersih dan toner alami, membuat Anda terlihat lebih muda. Kembang khususnya mawar mengandung antioksidan dan senyawa antibakteri, di mana akan mengatasi iritasi dan gatal yang berlebihan.

6. Menghilangkan jerawat secara alami

Jika Anda menderita masalah jerawat dan mencari beberapa obat alami untuk menghilangkannya, maka mandi kembang bisa membantu, terutama mawar. Selain sebagai pelembap yang baik, kelopak mawar mengandung sifat antibakteri yang membantu mengeringan jerawat. Selain itu, kelopak mawar juga mengandung fenil etanol, senyawa antiseptik sehingga membuat air mawar dari mandi kembang Anda efektif melawan jerawat.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *