Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 17 January 2018

Jurus Rahasia Kung Fu Muslim


Jurus Rahasia Kung Fu Muslim

islamindonesia.id – Jurus Rahasia Kung Fu Muslim

 

Dalam tulisan sebelumnya sudah dijelaskan terkait sejarah panjang kung fu Muslim. Di antaranya bahwa orang Hui telah melatih kung funya tersebut selama ratusan tahun.

[Baca: Sejarah Panjang Kung Fu Muslim]

Lalu bagaimana halnya dengan jurus-jurus yang ada dalam kung fu Muslim?

Jurus dalam seni bela diri Muslim tingkat tinggi biasanya rahasia. Mereka yang mempelajarinya sudah disiapkan untuk melindungi kalangan terdekatnya dari serangan kelompok luar. Beberapa jurus kung fu diajarkan sembungi-sembunyi. Seni bela diri Hui dipelajari sebagai sistem kung fu mereka sendiri.

Namun, seni bela diri Muslim tidak jauh beda dengan aliran kung fu yang lain. Ada jurus-jurus yang diajarkan pendeta Tao kepada orang Hui, seperti jurus gerakan cepat dengan aneka tendangan dan cara berkelit. Seni bela diri Muslim juga mempunyai jurus menggunakan senjata seperti yang dimiliki aliran kung fu lainnya.

Seperti para pendekar Shaolin dan perkumpulan pedang Wudang, pemimpin Muslim Cina kebanyakan berlatih kung fu dalam disiplin keras. Pendekar kung fu Muslim kebanyakan mendasarkan latihannya pada pola doktrin dalam Islam. Misalnya, jurus yang terilhami bentuk huruf hijaiah. Beberapa jurus kung fu Muslim ternyata sudah sangat tua dan jarang ditemukan. Misalnya, Huihui Shiba Zhou yang saat ini sudah hampir hilang keseluruhan.

Kung fu Muslim, seperti halnya aliran kung fu lain yang bersifat rahasia, mulai dibuka sejak abad ke-20. Saat ini, beberapa jurus kung fu Muslim mulai populer secara internasional. Jurus kung fu yang ditemukan atau dikembangkan oleh Muslim Hui meliputi Tan Tui, Baji Quan, Zha quan, Qishiquan, Tantui, Pigua quan, dan Huihui Shiba Zhou.

***

Sekadar informasi, seni bela diri asli China ini memang sangat tersohor berkembang di lingkungan kuil Buddha. Kung Fu memang lahir dan berkembang di kalangan para biksu. Tapi siapa menyangka, ternyata kung fu juga berkembang dan menjadi bagian budaya suku Hui, warga China pemeluk Islam.

Bahkan suku Hui memberi andil dalam perkembangan dan penyebaran kung fu. Gerakan yang diciptakan komunitas Muslim menjadi dasar dalam kung fu kontemporer, di antaranya yaitu jurus ‘Tan Tui’.

Gerakan ini awalnya terdiri atas 28 tahap, mengikuti jumlah huruf hijaiyah. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, kini dilebur menjadi 10 gerakan.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *