Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 31 December 2017

Budaya Unik, Sambut Tahun Baru dengan Festival Hadrah


Budaya Unik, Sambut Tahun Baru dengan Festival Hadrah

islamindonesia.id – Budaya Unik, Sambut Tahun Baru dengan Festival Hadrah

 

Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menggelar Festival Hadrah jelang pergantian tahun baru 2018. Festival ini digelar Minggu (31/12/2017) malam hingga Senin (1/1/2018) dinihari di alun-alun Kota Kraksaan.

Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo, M Sidik Widjanarko, dilansir Antara, mengatakan, kegiatan itu bertujuan sebagai syiar agama melalui kesenian hadrah dan sebagai media hiburan bagi masyarakat dalam menyambut tahun baru 2018.

“Kegiatan semacam itu sangatlah diperlukan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat, terutama pada generasi muda, agar mereka mendapatkan hiburan yang positif dan tidak hura-hura dalam menyambut malam pergantian tahun,” katanya.

Sidik menyampaikan, Festival Hadrah itu akan diikuti oleh grup hadrah dari 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo dan kegiatan tersebut juga akan disemarakkan dengan penampilan ISHARI dari PCNU Kabupaten Probolinggo dan PCNU Kota Kraksaan.

Tidak hanya itu, pada saat Festival Hadrah sedang berlangsung juga akan dilepas peserta “Parade Hadrah On The Street” yang start-nya di Pondok Pesantren Hati di Dusun Toroyan, Desa Rangkang, Kecamatan Kraksaan, dengan akhir di alun-alun Kota Kraksaan.

“Untuk Parade Hadrah On The Street itu akan diikuti oleh seluruh grup hadrah dari semua desa atau kelurahan di Kecamatan Kraksaan, serta grup hadrah yang berasal dari Kecamatan Pajarakan, Krejengan, Besuk dan Paiton,” ujarnya.

Saat di alun-alun Kota Kraksaan, lanjut dia, baik peserta Festival Hadrah maupun Parade Hadrah On The Street akan dihibur oleh Orkestra Suara Hati hingga menjelang detik-detik pergantian tahun 2017-2018. Hadrah adalah puisi rakyat yang mempunyai unsur-unsur keagamaan dan diiringi rebana.

“Puncaknya pada pukul 00.00 WIB, masyarakat yang hadir akan dihibur dengan pesta kembang api sebagai tanda sudah masuknya tahun baru 2018,” katanya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *