Satu Islam Untuk Semua

Friday, 20 December 2019

Wujudkan Toleransi, Siswa SD di Madiun Selenggarakan Tumpengan Natal


islamindonesia.id – Wujudkan Toleransi, Siswa SD di Madiun Selenggarakan Tumpengan Natal

Sejumlah siswa dan guru dari SDN 01 Nambangan Lor Kota Madiun mendatangi SDK Santa Maria Madiun, Jumat (20/12). Mereka datang ke sana untuk memberikan tumpeng kepada siswa SDK Santa Maria sekaligus memberikan ucapan selamat Natal.

Acara tersebut juga dihadiri Wakil Walikota Madiun, Inda Raya Ayu Miko Saputri. Inda didaulat untuk memotong tumpeng kemudian menyerahkannya kepada siswa SDN 01 Nambangan Lor untuk selanjutnya diberikan kepada perwakilan siswa SDK Santa Maria.

Walaupun berlangsung secara sederhana, namun kegiatan itu diakui dapat merajut kebhinekaan. Sekaligus sebagai bentuk pembelajaran kepada anak sejak dini tentang toleransi, menghargai, dan menjaga kerukunan antar umat beragama.

Seorang siswa kelas 4 SDN 01 Nambangan Lor, Maharani Ayuningratri merasa senang karena dapat bersilaturahmi dengan siswa SDK Santa Maria. Apalagi, kegiatan ini baru kali pertama dilakukannya. Selain tumpeng, dia pun membawa pohon jeruk nambangan sebagai simbol persatuan.

“Senang banget bisa berkunjung kesini. Kita sama-sama anak Indonesia, saya pengen mengucapkan selamat Natal kepada anak-anak di SDK Santa Maria,” katanya sebagaimana dilansir dari Radio Republik Indonesia.

Hal senada juga diungkapkan siswa SDK Santa Maria, Dominique Flamenca Violize Fatlolon. Perempuan yang masih duduk di bangku kelas 6 SD itu pun merasa senang dengan kedatangan siswa SDN 01 Nambangan Lor. Dengan begitu, dia bisa mengenal satu sama lain agar lebih banyak kawan.

“Saya berterimakasih kepada keluarga besar SDN 01 Nambangan Lor karena telah memberikan tumpeng sebagai bentuk toleransi antar umat beragama dan jadikan perbedaan ini menjadi sesuatu yang indah,” ucapnya.

Kepala Sekolah SDN 01 Nambangan Lor, Sugiono, menyatakan, “SD kami dengan SDK Santa Maria jaraknya tidak jauh, maka dari itu kami mewujudkan apa arti toleransi antar umat beragama kepada siswa kami. Sekaligus kami menyerahkan pohon jeruk sebagai lambang persatuan,” ujarnya, sebagaimana dilansir dari Madiun Today.

Sementara itu Wakil Walikota Madiun, Inda Raya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan pelajar di Kota Madiun. Menurutnya hal itu menjadi langkah yang baik sebagai bentuk implementasi dari toleransi.

“Ini adalah wujud nyata dari hidup berdampingan dan toleransi di masyarakat, kemudian tadi mereka juga mengucapkan selamat natal yang itu merupakan wujud kebersamaan di Kota Madiun yang sudah nyaman dan damai ini,” tuturnya.

Setelah memberikan tumpeng, seluruh siswa SDN 01 Nambangan Lor dan SDK Santa Maria berkumpul di halaman sekolah sambil makan tumpeng bersama. Mereka juga dihibur dengan penampilan band musik dari siswa SDK Santa Maria.

PH/IslamIndonesia/Foto: Eka Wulan/RRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *