Satu Islam Untuk Semua

Monday, 06 March 2017

WNI di Malaysia Terduga Teroris Ditangkap Sebelum Terbang ke Turki


densus-88_20170122_203705

islamindonesia.id – WNI di Malaysia Terduga Teroris Ditangkap Sebelum Terbang ke Turki

 

Warga Negara Indonesia kembali ditangkap akibat diduga terkait kelompok teroris ISIS. Setelah bulan Januari sejumlah WNI tertangkap di Turki, kali ini satu WNI tertangkap di Malaysia.

“Pada tanggal 21 Februari yang lalu, telah ditangkap satu orang warga negara Indonesia atas nama A, umur 28 tahun, yang diduga oleh otoritas setempat bergabung dengan kelompok ISIS,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri Jakarta, seperti dilansir detik.com (6/3).

Dugaan ini, menurut Martinus, tentu masih harus dibuktikan. Namun pihak KBRI melalui atase kepolisian sudah melakukan konfirmasi kepada otoritas keamanan Diduga WNI tersebut akan bergabung dengan ISIS di Suriah melalui jalur Turki. Namun sebelum terbang ke Turki, yang bersangkutan berhasil diidentifikasi oleh aparat setempat.

“Yang bersangkutan akan berangkat pada 22 Februari lalu ke Turki, selanjutnya ke Suriah, namun tertahan karena ditangkap,” katanya.

Dalam hal ini Polri akan melakukan pendampingan hukum terhadap proses hukum yang dilakukan terhadap A ini sehingga bisa benar-benar sesuai dengan fakta. Ini dilakukan karena ia  adalah warga Indonesia yang ada di luar negeri, dan itu tentu bukan yurisdiksi Polri untuk melakukan proses hukum yang di luar yurisdiksinya.

“Jadi kita kembalikan kepada mekanisme yang ada. Biarlah Kementerian Luar Negeri, dalam hal ini KBRI atau konjen RI, yang melakukan pendampingan hukum ini,” katanya.[]

 

YS/ islam indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *