Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 28 June 2015

‘Waspadai Korupsi Berkedok Umrah’


Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi mengaku mendapatkan informasi soal adanya transaksi korupsi di Tanah Suci, Makkah. Hal itu dilakukan demi menghindar dari jeratan KPK.

“Ada informasi, mereka transaksi korupsi dengan cara berumrah bersama. Ini true story. Mereka janjian umrah bareng, transaksi di sana, biar apa? Biar enggak ditangkap KPK,” ujar Johan saat menjadi salah satu pembicara di kantor PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Minggu (28/6/2015).

Namun, Johan tidak menyebut jelas informasi tersebut terkait perkara yang mana. Dia hanya menyatakan bahwa perkara tersebut adalah perkara lama yang diusut KPK.

Tidak hanya itu, masih banyak lagi aksi tindak pidana korupsi dilakukan yang dikaitkan dengan ritual agama. Johan menyebut lagi, ada tersangka korupsi, yakni salah satu hakim di Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, yang ditangkap KPK saat malam takbiran. “Malamnya takbiran, kemudian ditangkap. Ada juga yang seperti itu,” kata Johan.

Johan melihat hal itu sebagai fenomena, yakni seseorang memaknai agama hanya sebagai ritual, tanpa memahami sekaligus melaksanakan makna di dalamnya. Dia sangat menyayangkan fenomena tersebut. “Bahkan, orang-orang yang kita dengar kata-katanya terjangkiti korupsi. Ada ustaz, kiai haji, pendeta. Entitas-entitas itu sudah tidak steril lagi. Agama hanya sekadar ritual sehari-hari,” ucap Johan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *