Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 13 March 2018

Washington – Riyadh Gelar Latihan Militer Persahabatan


286A1F68-FBE2-4232-99E9-9021688A6690

islamindonesia.id – Washington – Riyadh Gelar Latihan Militer Persahabatan

 

Arab Saudi dan Amerika Serikat resmi menggelar latihan militer ‘persahabatan’ di kawasan utara Riyadh. Latihan bersama ini digelar menyusul semakin menguatnya serangan Saudi yang didukung Amerika terhadap Yaman.

Menurut kantor berita Al Arabiya, Senin, latihan militer persahabatan tahun ini digelar untuk menguatkan hubungan antar kedua negara. Tak dijelaskan tanggal persis bermulanya dan berakhirnya latihan. Direktur asisten pelatihan Brigadir Jenderal Mohammad bin Abdullah Al Buqmi bilang, latihan bersama kali ini merupakan bagian dari persiapan pasukan yang telah direncanakan sebelumnya.

Dari sejumlah foto yang beredar di dunia maya, pasukan Amerika yang terlibat telah mendarat di Saudi belum lama ini dengan ragam peralatan militernya. Belum ada keterangan keterangan soal jumlah peralatan dan pasukan yang dilibatkan dalam latihan ini.

3CC7A608-D395-40A0-AB80-17AC1867F2AA

Seperti diketahui, sejak Maret 2015, Riyadh bersama koalisinya telah membombardir Yaman. Namun upaya militer untuk mengokohkan mantan Presiden Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi berkuasa kembali di negaranya itu belum meraih kemenangan. Mansur Hadi merupakan loyalis sekutu Saudi hingga kini.

Akibat serangan bertahun-tahun ini, lebih dari 13.600 orang Yaman kehilangan nyawanya. Tragedi ini juga menjadikan Yaman sebagai negara miskin yang memasuki krisis kemanusiaan terburuk di dunia. Fasilitas publik di Yaman seperti rumah sakit, sekolah, industri, rusak parah akibat serangan militer Saudi dan sekutunya.

 

 

YS/PTV/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *