Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 25 March 2018

Warga Birmingham Kompak Kutuk Gerakan Anti-Islam di Inggris


islamindonesia.id – Warga Birmingham Kompak Kutuk Gerakan Anti-Islam di Inggris

 

Gerakan demo massa turun ke jalan yang dilakukan oleh kelompok Football Lads Alliance (FLA) pada Sabtu (24/3/2018), menuai kecaman keras dari masyarakat Birmingham dan anggota parlemen setempat. Mereka kompak mengutuk aksi yang disebut menyebar kebencian dan intoleransi tersebut sekaligus menyerukan sebuah pesan persatuan, melawan rasisme dan anti-Islam di Inggris.

Sebelumnya pada Sabtu kemarin FLA melakukan aksi jalan di Birmingham untuk hal yang mereka sebut gerakan anti ekstremisme Islam. Aksi yang dilakukan FLA pada pukul 12 siang, diikuti oleh ribuan penggemar sepak bola di Birmingham sekaligus untuk mengenang peristiwa pengeboman pada 1974 di kota itu, yang menewaskan 21 orang. FLA menggambarkan diri sebagai gerakan baru dengan tujuan baru untuk memerangi ekstremisme.

Aksi turun ke jalan yang dilakukan FLA ini telah meningkatkan kekhawatiran penduduk lokal dan anti-rasisme. Mereka takut aksi jalan ini akan menjadi aksi protes terbesar di Inggris terhadap Islamphobia.

Aktivis anti-Islam Anne Marie Waters, ditunjuk menjadi pembicara utama dalam aksi jalan pada Sabtu tersebut. FLA dalam beberapa bulan terakhir telah mengundang sejumlah pembicara dari kubu sayap kanan Inggris.

Personel kepolisian Inggris dikerahkan dan meningkatkan patroli di jantung kota Birmingham untuk mengantisipasi potensi tindak kekerasan dalam aksi anti-Islam.

Danny Long, aparat kepolisian dari West Midlands seperti dikutip al-Jazeera pada Minggu (25/3/2018) mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan sejumlah koordinator aksi untuk mengklarifikasi tujuan mereka dan meminta rencana detail terkait tugas aparat kepolisian untuk memfasilitasi setiap aksi protes damai.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *