Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 17 May 2016

Warga Abepura Protes Rencana Pembangunan Mesjid, Bukan ‘Pawai Simpati’ Dukung Israel


Screenshot_2016-05-16-21-41-19

Jakarta, IslamIndonesia.id –DEMONSTRASI umat Kristiani di jalan protokol Abepura, Jayapura, sambil membawa bendera berlambang Bintang David, Sabtu (14/5), bukan wujud simpati warga pada Israel sebagaimana disiarkan sejumlah pihak, namun berlatar protes warga atas rencana seorang pengusaha lokal membangun sebuah mesjid megah di pusat kota, menurut verifikasi redaksi IslamIndonesia.

“Demonstrasi itu tak terkait tuntutan Papua merdeka atau semacamnya, tapi  protes umat Nasrani terkait rencana seorang pengusaha lokal membangun sebuah mesjid megah, yang terbesar di Papua,” kata seorang sumber di Abepura yang mengetahui kejadian itu.

Sumber menggambarkan demonstrasi umat Kristiani di Papua dengan membawa bendera Bintang David, seperti pada Sabtu silam, sebagai hal yang “lumrah”.

“Di sini, setiap kali pihak gereja turun ke jalan menggelar demonstasi, mereka selalu membawa bendera seperti itu,” katanya merujuk pada Abepura, distrik paling ramai di kota Jayapura, Papua.

Di media sosial, sejumlah pihak mengunggah video demonstasi warga Abepura yang digambarkan sebagai “pawai ribuan bendera Israel” pada Sabtu siang. Video amatir itu lantas merebak dan memantik emosi setelah diberitakan sejumlah situs tanpa verifikasi.

Solidaritas dan penentangan atas setiap bentuk penjajahan melatari keputusan Indonesia tidak mengakui keberadaan Israel yang menjajah tanah bangsa Palestina. Keputusan itu ‘abadi’ dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, terlepas dari seluruh intrik dan manuver tak berkesudahan dari Tel Aviv untuk mendapatkan pengakuan sekaligus membuka hubungan diplomatik resmi.[]

RQ/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *