Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 01 April 2018

Walikota Padang: Isu Palestina Bukan Hanya Masalah Muslimin


islamIndonesia.id – Walikota Padang: Isu Palestina Bukan Hanya Masalah Muslimin

 

 

 

Duta Kemanusiaan Internasional untuk Muslim Palestina, Mahyeldi Ansharullah, mengharapkan Indonesia senantiasa konsisten menjadi yang terdepan dalam membela Palestina.

“Permasalahan di Palestina bukan hanya masalah agama Islam, namun kemanusiaan, sehingga dibutuhkan hati nurani untuk membantu saudara kita di sana,” katanya di Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat, Minggu, saat penggalangan dana untuk Palestina.

Mahyeldi Ansharullah, yang juga Wali Kota Padang, dinobatkan sebagai Duta Kemanusiaan Internasional untuk Muslim Palestina pada 10 Februari 2018 oleh International Aqsa Institute Sumatera Barat, yakni lembaga edukasi untuk masyarakat mengenai kondisi dan donasi untuk masjid suci Al-Aqsa.

Indonesia, dinilainya, saat ini sudah tegas mendukung kemerdekaan Palestina, dan sesuai dengan amanat dalam konstitusi negara RI.

Ia mengemukakan Pemerintah Indonesia sudah menunjukkan kepeduliannya terhadap permasalahan yang terjadi di Palestina, seperti penggalangan dana dan pembangunan fasilitas publik di sana.

“Indonesia juga melakukan diplomasi yang cukup rumit untuk membantu Palestina,” ujarnya.

Ia berharap kepedulian, bantuan dan dukungan seperti ini tidak berhenti hingga Palestina terbebas dari pelanggaran kemanusiaan, ketidakadilan, dan penindasan.

“Manusia harus punya kepedulian dimana saja terjadi pelanggaran kemanusiaan itu,” katanya.

Kemudian, ia berpendapat kepedulian harus dipupuk sejak kecil melalui pendidikan, sehingga anak-anak yang merupakan penerus bangsa tidak menutup mata nantinya jika terjadi penindasan baik di dalam negeri maupun di luar.

“Kalau generasi milenial nantinya tidak ada rasa peduli, itu artinya pendidikan kita gagal dan sebagai orang tua kita juga gagal,” katanya menambahkan.

Penggalangan dana di UNP itu digelar oleh kumpulan organisasi yang tergabung dalam Harmony For Humanity dan juga ada konser amal oleh Melly Goeslaw, yang juga Duta Kemanusiaan untuk Palestina.

Ketua Panitia penggalangan dana dan konser amal, Restiana mengatakan pihaknya menargetkan dana yang terkumpul sebesar Rp1 miliar yang akan disalurkan ke Palestina.

“Sebelum konser amal ini kami juga sudah menggalang dana, dan konser ini adalah kegiatan puncak bagi kami untuk mengumpulkan lebih banyak lagi,” ujarnya menambahkan.

 

 

 

 

 

YS/islamIndonesia/Sumber: Antara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *