Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 05 November 2016

VIDEO — Sempat Tegang, Massa di Senayan Bubar Jelang Subuh


demo-4-november

islamindonesia.id — Sempat Tegang, Massa di Senayan Bubar Jelang Subuh

Aksi demo menuntut pengusutan kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tanggal Jum’at 4 November berlangsung massif. Tidak kurang dari seratus ribu massa tumpah di pusat Ibu Kota. Setelah berpawai dari Masjid Istiqlal ke depan Istana Negara, beberapa ribu massa yang tersisa berkumpul di depan Gedung DPR, Senayan. Mereka bertahann hingga menjelang subuh.

Sekitar pukul 02.00, terjadi aksi lempar di depan Senayan. Suasana cukup menegangkan sebelum akhirnya ada pertemuan antara Ketua MPR Zulkifli Hasan, anggota Komisi III DPR RI dan delapan perwakilan pedemo di dalam gedung parlemen. Setelah pertemuan itu, ribuan massa yang semula berkumpul mulai membubarkan diri.

Reporter detikcom di Gedung DPR, Sabtu dini hari (5/11), menyebutkan bahwa massa mulai membubarkan diri sekitar pukul 04.00 WIB menjelang subuh. Pertemuan antara para wakil rakyat dengan perwakilan pedemo berlangsung selama sekitar 1,5 jam sejak pukul 02.00 WIB.

Seusai pertemuan, Ketua MPR Zulkifli Hasan didampingi Anggota Komisi III DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dan Aboe Bakar Alhabsyi langsung menaiki mobil komando yang biasa dipakai oleh Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab untuk menyampaikan orasi. Dalam orasinya, Zulkifli Hasan berharap para pedemo bisa pulang setelah adanya perjanjian antara Komisi III DPR dengan perwakilan pedemo.

Selain itu, Ketum Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut juga manyatakan bahwa Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian sudah berjanji akan memanggil calon petahana Pilgub DKI Basuki Tjahja Purnama (Ahok) pada Senin (7/11). “Kapolri berjanji nanti Senin, Ahok akan diperiksa,” ujar Zulkifli.

DPR pun menyiapkan sejumlah bus untuk mengantar massa pulang. Untuk luar kota, selain bus, DPR juga memberi uang saku. Sedangkan untuk pedemo yang tinggal di Jabodetabek hanya disediakan bus.

AA / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *