Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 17 December 2016

VIDEO – Pidato Presiden Jokowi di Tehran Soal Era Baru Hubungan Iran – Indonesia


o_1b40dieup18ceolrbpk16s8t46i

islamindonesia.id – VIDEO – Pidato Presiden Jokowi di Tehran Soal Era Baru Hubungan Iran – Indonesia

 

Di depan ratusan warga negara Indonesia di Iran, Presiden Jokowi menyampaikan era baru hubungan Indonesia dengan Iran yang akan memberikan manfaat kepada masyarakat di kedua negara. Jokowi pun menyinggung hasil pertemuan resminya selama di Iran, termasuk dengan Ayatullah Ali Khamenei, Pemimpin Tertinggi di Iran.

“Tadi bertemu Ayatullah Ali Khamenei, beliau menyampaikan sebetulnya potensi (kerja sama Iran-Indonesia) ada USD 20 miliar. Kalau dirupiahkan, 260 Trilliun. Dan kita harapkan kesempatan itu bisa betul-betul kita dapatkan,” kata Presiden Jokowi saat beramah tamah dengan WNI di Hotel Espinas Palace Teheran, (14/12)

“Pada Februari 2017, Pertamina akan berinvestasi untuk mengelola ladang minyak di Iran yang memiliki cadangan minyak sangat besar. Sebaliknya Iran akan membangun pembangkit listrik dengan kapasitas yang besar dan kilang minyak di Indonesia,” tambah Jokowi.

Seperti dilaporkan portal resmi Kemenlu RI, Presiden  yang hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo menjelaskan tantangan yang dihadapi oleh semua negara di dunia ini adalah adanya tekanan ekonomi global. Meski demikian, ekonomi Indonesia masih dapat tumbuh 5,18 persen pada kuartal kedua 2016 dan 5,02 persen pada kuartal ketiga 2016.

“Bahkan kalau dibandingkan dengan negara-negara besar anggota G20, kita masih berada di peringkat tiga. Tahun depan diperkirakan pertumbuhan ekonomi masih berada di kisaran 5,1 persen,” kata Presiden seraya menambahkan, yang penting kita jaga agar naik, meski sedikit. Yang penting tidak anjlok.

Presiden juga menyampaikan, bahwa pembangunan di Indonesia saat ini difokuskan pada pembangunan infrastruktur dan difokuskan untuk pembangunan di luar Pulau Jawa, seperti pembangunan jalan tol dari Lampung menuju Aceh, jalan tol Balikpapan-Samarinda, pelabuhan Kuala Tanjung, rel kereta api di Sulawesi.

“Pembangunan infrastruktur ini untuk menurunkan biaya logistik dan biaya transportasi sehingga pada akhirnya menurunkan harga barang,” katanya.

Selama kunjungan kenegaraan di Iran, Presiden didampingi Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Kepala BKPM Thomas Lembong dan Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad.[]

Berikut cuplikan video pidato Presiden Jokowi saat ramah tamah bersama masyarakat Indonesia di Tehran:

 

 

YS / islam indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *