Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 14 May 2015

Vatikan Resmi Akui Eksistensi Negara Palestina


93273f89-5e89-4f58-892b-6c34054c3204

Tahta Suci umat Katolik di Vatikan pada Rabu (13/05) mengambil satu langkah lebih maju dalam mengakui Palestina sebagai sebuah negara melalui penandatanganan perjanjian kerjasama yang pertama, kata juru bicara gereja.

“Komisi bilateral Vatikan dan Palestina, yang sedang mengerjakan kesepakatan komprehensif terkait kehidupan dan aktivitas Gereja Katolik di Palestina, sudah mencapai tahap akhir,” demikian pernyataan resmi Vatikan.

Meski ini adalah perjanjian pertama yang akan ditandatangani antara Gereja Katolik Roma dan Palestina, namun Vatikan sudah mengakui eksistensi negara Palestina sejak Februari 2013 menyusul peningkatan status Palestina di PBB pada 29 November 2012 dari “entitas peninjau bukan anggota” (non-member observer entity) menjadi “negara peninjauh bukan anggota” (non-member observer state).

“Tahta Suci sudah mengakui eksistensi Palestina sebagai sebuah negara sejak pemungutan suara Sidang Umum PBB yang mengakui Palestina pada November 2012,” kata juru bicara Vatikan, Federico Lombardi.

Penandatanganan perjanjian, rencananya bertepatan kunjungan resmi Presiden Mahmoud Abbas ke Roma pada16 Mei, bakal menandai pengakuan resmi pertama Vatikan atas negara Palestina.

MH/Berbagai Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *