Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 30 January 2018

Upaya Kemenag Lakukan Penguatan Moderasi Islam di Pesantren


islamindonesia.id – Upaya Kemenag Lakukan Penguatan Moderasi Islam di Pesantren

 

Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam berupaya melakukan penguatan terhadap moderasi Islam di Indonesia, salah satunya melalui moderasi Islam pada pondok pesantren.

“Sebagai lembaga tertua di Indonesia pondok pesantren memiliki potensi untuk langkah awal dalam upaya menjaga pengajaran Islam yang moderat,” ucap Dirjen Pendis Kamaruddin Amin saat menjadi pembahas pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemenag Tahun 2018, Selasa (30/1/2018).

Menurut Kamaruddin, pesantren menjadi lembaga yang fundamental dalam pengarusutamaan moderasi Islam, karena pondok pesantren dengan harapan sebagai lembaga tertua pesantren akan mampu secara bersama-sama membangun bangsa Indonesia ke depan dalam perspektif orang-orang pesantren yang senantiasa menghargai warisan tradisi intelektual masa lalu, tanpa harus menutup diri dari konstelasi perubahan dan perkembangan zaman.

Ia menjelaskan, upaya memperkuat moderasi Islam ini tidak hanya pada pondok pesantren tetapi juga melalui kurikulum yang ada di madrasah dan Perguruan Tinggi Islam.

Senada dengan hal itu, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Ahmad Zayadi mengatakan, saat ini sedang menyiapkan program-program terkait moderasi Islam di Indonesia khususnya melalui lembaga pondok pesantren.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *