Satu Islam Untuk Semua

Monday, 18 November 2019

UNESCO Tetapkan Hari Filsafat Dunia 2019


islamindonesia.id – UNESCO Tetapkan Hari Filsafat Dunia 2019

UNESCO (The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization), atau biasa diterjemahkan menjadi Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB, pada tahun 2019 ini menetapkan bahwa Hari Filsafat Dunia (World Philosophy Day) akan jatuh pada tanggal 21 November.

Lalu apakah yang dimaksud dengan Hari Filsafat Dunia? Hari Filsafat Dunia diproklamasikan oleh UNESCO untuk dirayakan setiap hari Kamis ke-3 pada bulan November. Acara ini pertama kali dirayakan pada 21 November 2002.

Dilansir dari website UNESCO, lembaga ini mengatakan bahwa nilai-nilai yang terkandung di dalam filsafat tidak lekang waktu untuk digunakan bagi pengembangan pemikiran manusia, baik untuk setiap budaya maupun untuk setiap individu.

Filsafat adalah sebuah disiplin ilmu yang menginspirasi, selain itu, jika diterapkan dalam keseharian ia dapat mengubah suatu masyarakat. Dengan mendorong keterbukaan terhadap berbagai arus pemikiran di dunia yang beragam, filsafat dapat merangsang terciptanya dialog antar budaya.

Dengan membuka pikiran terhadap berbagai pemikiran dan juga mengemukakan pendapat yang argumentatif, filsafat dapat membantu membangun masyarakat yang lebih toleran dan lebih hormat. Dengan demikian, filsafat dapat membantu untuk memahami dan menanggapi tantangan kontemporer utama dengan menciptakan kondisi intelektual untuk perubahan.

UNESCO memimpin perayaan Hari Filsafat Dunia – tetapi tidak memilikinya. Hari ini adalah milik semua orang, di mana saja, dan siapapun yang peduli terhadap filsafat.

Pada Hari Filsafat Dunia, UNESCO mendorong berbagai mitranya untuk menyelenggarakan berbagai aktivitas seperti dialog filsafat, debat, konferensi, lokakarya, acara kebudayaan, dan presentasi seputar tema umum pada hari itu.

UNESCO juga mengharapkan partisipasi dari para filsuf dan ilmuwan dari semua cabang ilmu alam dan sosial, pendidik, guru, siswa, jurnalis dan perwakilan media massa lainnya, dan masyarakat umum.

Tema 2019

Pada Hari Filsafat Dunia 2019, UNESCO memiliki tujuan untuk menyoroti pentingnya filsafat dalam konteks regional yang berbeda, agar mendapatkan kontribusi regional pada tataran perdebatan global mengenai tantangan kontemporer yang mendukung transformasi sosial.

Tujuan dari pendekatan ini adalah untuk mendorong munculnya dinamika regional yang dapat merangsang munculnya kolaborasi global untuk mengatasi tantangan besar seperti migrasi, radikalisasi, perubahan lingkungan, atau pun kecerdasan buatan (artificial intelligence).

PH/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *