Satu Islam Untuk Semua

Friday, 13 January 2017

“Umrah Cerdas”: Aplikasi Pintar Deteksi Travel Umrah Abal-abal


Umrah Cerdas Aplikasi Pintar Deteksi Travel Umrah Abal-abal

islamindonesia.id – “Umrah Cerdas”: Aplikasi Pintar Deteksi Travel Umrah Abal-abal

 

Untuk mencegah terulangnya kejadian serupa yang merugikan bagi para jemaah calon haji dan umrah, masyarakat perlu lebih berhati-hati dan selektif memastikan apakah travel haji dan umrah yang dipilihnya sudah tepat atau malah abal-abal. Kehati-hatian itu diperlukan, karena berdasarkan data yang dirilis Kementerian Agama menunjukkan, setidaknya hampir 20-an travel haji dan umrah yang izinnya dicabut selama dua tahun terakhir. Mayoritas dicabut izinnya karena melakukan malapraktik, seperti keterlambatan pembayaran akomodasi yang membuat jemaah terlantar di Arab Saudi.

[Baca: Menag Apresiasi KJRI dan KUHI Jeddah Tangani Jemaah Umrah Terlantar]

Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag, Abdul Djamil, menuturkan, bahwa saat ini sudah ada aplikasi “Umrah Cerdas”. Melalui aplikasi tersebut, masyarakat bisa memperoleh informasi instan untuk mengetahui apakah sebuah travel haji dan umrah memiliki izin atau tidak.

“Ada daftar penyelenggara umrah yang berizin. Kalau ketik satu kata saja pada search engine-nya, akan bisa terlihat, masuk dalam daftar enggak. Kalau enggak ada daftarnya, berarti tidak berizin,” ujar Djamil di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Sebenarnya aplikasi tersebut sudah diluncurkan sejak November 2016 lalu. Dengan adanya “Umrah Cerdas”, diharapkan masyarakat tidak lagi tertipu dengan agen-agen travel haji dan umrah yang abal-abal.

Djamil mengakui, aplikasi tersebut belum tentu menyentuh semua kalangan masyarakat, seperti masyarakat desa yang masih belum melek teknologi.

Karena itu pihaknya mengimbau agar masyarakat juga tak ragu dan segan untuk mencari informasi ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama setempat.

“Seyogianya tanya ke Kanwil dan Kantor Kemenag. Jadi, jangan langsung (mudah) dirayu oleh orang. Kan sekarang berseliweran (agen travel haji dan umrah abal-abal),” sarannya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *