Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 23 November 2019

Umar Patek ke Pemuda: Jangan Hanya Belajar Agama Lewat Online


islamindonesia.id-Umar Patek ke Pemuda: Jangan Hanya Belajar Agama Lewat Online

Terpidana terorisme Umar Patek menyarankan anak muda belajar agama secara sungguh-sungguh langsung kepada gurunya. Selain sungguh-sungguh, belajar secara istiqamah merupakan kunci memahami Islam secara utuh.

“Jangan hanya sepotong-potong, tidak utuh atau bahkan hanya belajar lewat online,” kata Umar dikutip Antara, 22 November.

Ia meyakini, penyebaran ekstremisme saat ini banyak menggunakan media internet. Hal ini berbeda dengan masa mudanya, ketika umar terpapar ekstremisme melalui tatap muka.

Nasihat ini ia ungkapkan agar generasi muda tidak mengikuti jejaknya. Umar menekankan agar pemuda-pemudi muslim tidak mudah tergiur dengan iming-iming surga apalagi hal itu dijanjikan secara instan.

Meski menyarankan pemuda belajar langsung ke guru, Umar merekomendasikan anak-anak muda menggali ilmu kepada ulama moderat. Oleh karena itu, para pelajar harus berhati-hati dan mempertimbangkan ulang ketika sang guru itu mulai mengajak kepada unsur-unsur kekerasan.

Umar kini aktif membantu Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. Ia membantu Badan ini, salah satunya, dalam program deradikalisasi para napi lainnya. []

YS/islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *