Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 07 April 2019

Ulama-Ulama Sufi Dunia Hadir di Pekalongan


islamindonesia.id – Ulama-Ulama Sufi Dunia Hadir di Pekalongan

Menjelang diselenggarakannya Konferensi Ulama Sufi Internasional (World Sufi Forum) pada 8-10 April mendatang di Pekalongan, beberapa ulama yang akan menjadi pembicara terlihat sudah hadir, mereka adalah Syaikh Adnan Afyouni (Mufti Damaskus-Syria), Syaikh Riyadh Bazou (wakil ketua Persatuan Ulama Thasawuf dunia-Libanon), dan Syaikh Aziz Kobaiti (IACSAS- Maroko).

“Pada pagi hari ini, Alhamdulillah tamu daripada multaqa (konferensi) sufi sudah mulai berdatangan,” ungkap Habib Muhammad Luthfi bin Yahya pada Jum’at (5/4) pagi di Gedung Kanzus Shalawat, Jalan Dr. Wahidin No. 70, Pekalongan, Jawa Tengah, sebagaimana dilaporkan oleh Jatman Online.

Habib Lutfhi, yang juga merupakan Rais Aam Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN), bersama para pembicara sempat menyelenggarakan Pengajian Jumat Kliwonan Kanzus Shalawat.

Lebih lanjut Habib Lutfhi menjelaskan bahwa JATMAN sudah dikenal dikenal pada tingkat internasional, dan itu membuat ulama-ulama Indonesia semakin dikenal di dunia.

 “Multaqa akan dibuka di Kanjen InsyaAllah oleh Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo pukul 09.00,” tutur Habib Luthfi.

“Maka demi untuk syiarnya thariqah yang sebentar lagi dibuka, saya minta hadirnya dalam rangka Multaqa yang akan didatangi 91 negara dan ulama-ulama kita tidak kurang dari 2000 mursyidin yang ada di indonesia.”

“Semoga para beliau diberi sehat wal afiat. Jadi penyejuk untuk menghadapi pilpres. Kita dengan bekal kliwonan ini akan menghadapinya dengan segala ketenangan dan ketenteraman, memberi contoh keteladanan yang baik khususnya untuk generasi kita ke depan,” pungkas beliau.

Pada saat konferensi berlangsung, dilansir dari situs resmi World Sufi Forum, para ulama akan membahas delapan tema, yaitu Objek Kegiatan Sufi di Era Modern, Peran Tasawuf dalam Pendidikan dan Media, Konvergensi dan Integrasi antar Pengikut Sufi, Peran Tasawuf dalam Keamanan Sosial, Strategi Kegiatan Sufi Era Modern, Tantangan Tasawuf Masa Kini, Batasan Tarekat Sufi Mu’tabarah, dan Peran Tasawuf dalam Perekonomian dan Sistem Autarki (Ekonomi Mandiri).

Usai dzikir, Syaikh Adnan Al Afyouni diberikan kesempatan untuk memberikan Tausiyah dihadapan Jama’ah. Tausiyah Syaikh Adnan dengan bantuan penerjemah dapat dilihat dalam video di bawah ini, selamat menyimak:

PH/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *