Satu Islam Untuk Semua

Friday, 12 April 2019

Ulama Sufi India: Perkataan Sesuai Perbuatan Adalah Jalan Tasawuf


islamindonesia.id – Ulama Sufi India: Perkataan Sesuai Perbuatan Adalah Jalan Tasawuf

Syekh Abu Bakar Ahmad, Mufti dan juga ulama Sufi dari India mengatakan bahwa acara Forum Ulama Sufi Dunia yang digelar sesuai dengan keadaan dunia dan kondisi umat Islam saat ini, dunia tengah dipenuhi fitnah dengan tujuan untuk memperburuk citra Islam.

Hal itu disampaikan Syekh Abu Bakar saat memberikan sambutan selaku perwakilan Ulama luar negeri dalam World Sufi Forum di Kajen Pekalongan, Senin (8/4).

“Keselamatan negara dan bangsa berada di tangan para ulama. Maka atas nama Jaimyah Sufi Ahlu Sunnah India mengucapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada Habib Luhtfi bin Yahya selaku panitia penyelenggara Muqtada Sufi Al Alami,” katanya.

Menurutnya, pertemuan ini merupakan kesempatan yang bagus, karena ulama dan umaro berkumpul sehingga negara Indonesia sebagai tuan rumah dipenuhi rasa aman dan sentosa.

Sesi foto bersama bersama para ulama Sufi dari berbagai negara selepas pembukaan World Sufi Forum. Foto: Islam Indonesia

“Semoga Habib Lutfi diberikan panjang umur. Apresiasi juga kami sampaikan kepada Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, yang sukses menggelar acara penting ini,” ungkapnya dalam bahasa Arab yang didampingi penerjemah.

Tasawuf tumbuh dari ajaran agama Islam, yaitu Islam, Iman dan Ihsan, lanjut Syeikh. Syeikh Abu Bakar menyitir ungkapan Habib Abdullah bin Alwi Alhaddad tentang arti Tasawuf; bahwa Tasawuf artinya keluar dari perilaku tercela masuk ke akhlak terpuji. 

“Sufi artinya berhati bersih, menjaga ucapan dan tindakan agar tidak menyakiti yang lain. Inilah Islam yang diajarkan Nabi Muhammad SAW, sehingga Islam menyebar ke berbagai negara. Islam yang damai,” paparnya.

Terakhir, ulama berpengaruh dari India itu berpesan bahwa hari ini umat Islam butuh orang yang bisa membuktikan bahwa Tasawuf adalah jalan yang benar. Jalan yang menjadikan apa yang diucapkan sesuai dengan perbuatan, dialah seorang Sufi, pungkasnya.

MUH/IslamIndonesia/Foto Fitur: Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *