Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 25 March 2014

Ulama Saudi Larang Film Kartun The 99


www.nextupasia.com

Film ini Diduga mengacu pada 99 Nama Allah.

 

Seorang ulama ternama Arab Saudi, Sheikh Abdulaziz al-Sheikh mengeluarkan fatwa larangan terhadap sebuah film kartun adaptasi komik The 99.

Film yang kini tengah disiarkan stasiun televisi milik pengusaha Arab Saudi MBC3 yang berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab ini, menurut Sheikh merupakan penghujatan. Sebab nama kelompok pahlawan super itu mengacu pada 99 nama Allah yang diimani umat muslim.

Bahkan, ulama tersebut mengatakan bahwa, film kartun pahlawan super yang terinspirasi agama Islam itu merupakan pekerjaan setan dan tidak boleh ditonton umat Muslim.

“Film kartun The 99 merupakan pekerjaan setan yang harus dikecam dan dilarang demi penghormatan nama Allah,” kata Sheikh Abdulaziz, seperti dilansir situs berita AFP.

Sebelumnya, versi asli komik yang terbit pada 2006 itu, mendapat kecaman yang sama, khususnya dari umat muslim garis keras. Bukan hanya di Arab Saudi, tapi juga di Kuwait, dimana komik itu pertama kali diproduksi.

Sementara itu, komik yang diproduksi dalam bahasa Inggris dan Arab itu justru mendulang banyak penghargaan, termasuk dari Emir Kuwait Sheikh Sabah al-Ahmed al-Sabah dan Presiden AS Barack Obama.

Komik itu, menurut kedua pemimpin tersebut, memang layak mendapat penghargaan. Sebab selain membawa pesan perdamaian, juga memuat dialog antarbudaya.

Hingga kini, penyebaran komik itu tidak hanya di wilayah Kuwait, tapi juga sudah menyebar ke seluruh dunia dan dijual dalam bentuk suvenir, bahkan dibuat juga taman hiburan tersendiri, serta acara serial di televisi dalam bahasa Arab.

 

Sumber: AFP

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *