Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 06 August 2019

Ulama Jabar Seriusi Garap Islam Moderat di Sekolah


islamindonesia.id – Ulama Jabar Seriusi Garap Islam Moderat di Sekolah

Melawan maraknya intoleransi, radikalisme dan kekerasan atas nama agama, para ulama beserta pemerintah Provinsi Jawa Barat sepakat untuk mengembangkan Islam moderat terutama di lingkungan sekolah.

Untuk tujuan itulah, kedua pihak bertemu di Gedung Sate Bandung guna menyatukan pandangan dalam menebar Islam yang ramah dan moderat itu.

“Radikalisme tumbuh subur karena banyak orang mencari-cari perbedaan dan menginginkan perbedaan dengan keras,” kata Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, KH. Rachmat Syafei, seperti dilansir laman resmi MUI, Sabtu (3/8/2019).

MUI beserta Pemerintah Pusat dan Daerah sepakat, kata Kiai Rahmat, untuk memberikan pemahaman Islam moderat, yaitu menyebarkan agama Islam tidak dengan kekerasan tapi melalui pemahaman yang santun dan benar.

“Konsep yang dikembangkan adalah bagaimana agama menjaga kesucian diri masing-masing dan saling menghormati. MUI akan mempromosikan pandangan agama yang moderat seperti itu,” lanjutnya.

Konsep Jabar silih asah, silih asih dan silih asuh akan menjadi acuan ke depannya.

Rencana lain, yang mungkin baru terealisasi tahun ini, adalah Ajengan masuk sekolah. Yaitu para dai terpilih akan mendatangi sekolah- sekolah di seluruh Jawa Barat.

“Ulama yang mendatangi sekolah, dan tidak sembarang ulama. Hanya yang sudah diseleksi terlebih dahulu saja,” pungkasnya.

MUH/IslamIndoneisa/foto fitur: MUI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *