Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 18 December 2013

Ulama Aceh Haramkan Rayakan dan Ucapkan Selamat Natal


WIkipedia

Cendekiawan Muslim di provinsi Aceh, telah mengambil posisi tegas terhadap perayaan Natal , mereka meminta pemerintah untuk menutup pesta Tahun Baru , termasuk yang pesta yang diadakan di kafe-kafe , hotel dan tempat hiburan di wilayah tersebut .

” Ucapan ‘Salam Natal’ bagi Muslim jelas haram , karena ucapan tersebut sama juga dengan semacam pengakuan , ” ujar Syeikh Abdul Karim , kepala majelis permusyawaratan ulama (MPU) Banda Aceh , sebuah badan resmi yang menyarankan pemerintah daerah terhadap urusan Islam , mengatakan kepada Jakarta Globe pada hari Selasa, 17 Desember.

” Acara Tahun Baru pun tidak ada dalam ajaran Islam , tahun baru untuk Muslim adalah tahun baru Hijriyah , yang dirayakan pada hari pertama Muharram , ” tambah Syeikh Abdul Karim.

 

Bolehkah Muslim Rayakan Natal ?

Pendapat ulama itu didasarkan pada fatwa yang dikeluarkan pada 12 November tahun lalu yang melarang perayaan Natal dan ucapan salam Natal. dan termasuk pelarangan perayaan Tahun Baru bagi umat Islam di wilayah Aceh tersebut .

Meskipun keputusan dewan tidak mengikat secara hukum positif di negeri Muslim terbesar itu , namun lembaga tersebut memegang kekuasaan yang kuat di provinsi Aceh – yang merupakan satu-satunya wilayah di Indonesia yang berusaha untuk menegakkan syariah Islam .

Fatwa dari wilayah Aceh ini bukanlah yang pertama di Indonesia . Pada tahun 1981 , Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) mengeluarkan fatwa terhadap perayaan Natal nasional .

Natal adalah perayaan utama umat Kristen saat ini . Perayaan itu mencapai puncaknya pada pukul 00:00 pada tanggal 25 Desember setiap tahunnya .

Muslim hanya mempercayai Nabi Isa sebagai salah satu nabi besar Allah dan bahwa ia adalah hamba Allah dan putra dari Maryam dan bukan Anak Allah . Dia dikandung dan lahir secara mukjizat.

Ulama Muslim tersebut menegaskan bahwa umat Islam harus memiliki identitas mereka sendiri dan harus menjaga identitas ini untuk tidak harus merayakan Natal atau merayakan hari libur non – Muslim .

Bila Muslim berpartisipasi dalam perayaan Natal , mereka mengatakan , adalah mungkin secara perlahan seseorang Muslim dapat kehilangan kesadaran tentang perbedaan antara Islam dan Kristen .

 

Non – Muslim

Meskipun yang melarang umat Islam merayakan acara natal tersebut, ulama tersebut mengatakan silahkan umat Kristen untuk merayakan hari libur keagamaan mereka.

” Ini adalah masalah ajaran Islam , dan bukan tentang toleransi , ” tambah Syeikh Abdul Karim .

“Kami mengatakan , ‘ Lakum dinukum waliyadin ‘ [ untuk Anda , agama Anda, bagi saya , agama saya ]. “

Pemimpin Muslim tersebut mengatakan bahwa non – Muslim silahkan merayakan Natal dan Tahun Baru , tetapi mereka harus melakukannya dengan cara mempertahankan hubungan baik dengan warga Muslim dari Banda Aceh

 

Sumber: OnIslam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *