Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 17 August 2016

Turki Tahan WNI, Menlu Retno: “Kita Mohon Mahasiswa Kita Dilindungi di Sana”


Islamindonesia.id–Turki Tahan WNI, Menlu Retno: “Kita Mohon Mahasiswa Kita Dilindungi di Sana”

Entah buntut kudeta gagal atau terkait perkara lain, pemerintah Turki menyatakan telah menahan warga negara Indonesia bernama Handika Lintang Saputra dengan tuduhan terlibat dalam organisasi teror bersenjata.

Atas peristiwa penehanan itu, Kemenlu telah melakukan pembicaraan dengan pemerintah Turki terkait masalah tersebut.

“Kita juga sudah melakukan pembicaraan dengan pemerintah Turki dan Dirjen Amerob kita sudah memanggil Duta Besar Turki yang ada di Jakarta,” kata Menlu Retno Marsudi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/8).

Ia menjelaskan, Kemenlu berupaya menyampaikan bentuk keprihatinan atas penahanan mahasiswa Indonesia itu, kepada pemerintah Turki. Dalam pertemuan itu, juga dibahas penahanan tersebut telah memunculkan rasa ketidaknyamanan.

“Jadi kita mohon ke pemerintah Turki untuk melindungi mahasiswa kita yang ada di sana,” ujar Retno.

Ia menyebut, pemerintah telah berupaya menjalankan faktor atau elemen perlindungan WNI. “Jadi itu kita jalankan, kita kirim, baik melalui Duta Besar Turki yang ada di Jakarta maupun Dubes kita yang ada di Ankara,” jelasnya.

Retno menjelaskan, pemerintah Turki menyatakan siap menyampaikan hasil pertemuan dengan Indonesia. Retno menjelaskan, Indonesia sudah mempunyai SOP dalam melindungi WNI di luar negeri. Setiap ada masalah, pemerintah akan melakukan beberapa langkah.

Sebelumnya, orang tua Handika Lintang Saputra, Basuki Raharjo dan Supartiningsih meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun tangan membebaskan anaknya yang ditangkap aparat keamanan Turki. Handika dituding menentang pemerintah Turki.

Supartiningsih meyakini anaknya merupakan korban salah tangkap, karena selama ini dia tidak pernah mengungkap keterkaitan dengan organisasi politik. Ia yakin anaknya tidak memiliki kaitan dengan organisasi politik yang dianggap menentang pemerintahan sah di Turki.

 

AJ/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *