Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 28 July 2015

Turki Gagal Berdamai dengan Kurdi


pkk3

Upaya perdamaian Presiden Recep Tayyip Erdogan dengan suku Kurdi tampaknya belum membuahkan hasil. Akhir pekan lalu, dua tentara Turki tewas dan empat lain terluka dalam serangan bom mobil terhadap iring-iringan mereka di wilayah tenggara negara itu, yang berpenduduk mayoritas dari suku Kurdi, kata kantor gubernur setempat.

Serangan itu terjadi setelah kelompok pemberontak Partai Pekerja Kurdistan (PKK) mengancam tidak lagi mematuhi gencatan senjata menyusul serangan udara Turki terhadap kubu mereka di Irak utara.

Bom mobil itu meledak ketika tentara berjalan di distrik Lice di Provinsi Diyarbakir pada Sabtu, kata pernyataan kantor gubernur Diyarbakir.

“Dua anggota kami tewas dalam serangan keji tersebut, empat tentara lain terluka,” kata pernyataan itu, yang menambahkan bahwa pencarian massif telah diluncurkan untuk menemukan pelaku serangan itu.

PKK sebagai faksi politik terbesar Kurdi pada Sabtu menyatakan bahwa situasi saat ini tidak memungkinkan mereka untuk patuh terhadap gencatan senjata yang berlangsung  sejak 2013, pasca serangan besar Turki pada posisi mereka di Irak Utara tahun 2011.

Selama puluhan tahun, PKK menlancarkan pemberontakan mematikan di tenggara Turki untuk mendirikan kekuasaannya sendiri yang telah menewaskan puluhan ribu jiwa.

Upaya perdamaian sejak 2013 gagal menghasilkan kesepakatan akhir.

 

MH/Antara/Foto: http://peaceinkurdistancampaign.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *