Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 01 October 2019

Tunisia Nilai Pendidikan Cara Ampuh Cegah Radikalisme


Islamindonesia.id – Tunisia Nilai Pendidikan Cara Ampuh Cegah Radikalisme

Penanganan terhadap kelompok radikal menjadi tema pembahasan dalam Konsultasi Bilateral (Konsbil) antara pemerintah Indonesia dengan Tunisia pekan lalu.

Ketua delegasi Tunisia, Riadh Essid mengatakan setidaknya ada empat cara yang dilakukan Pemerintah Tunisia dalam menghadapi kelompok radikal, yaitu: melalui pendidikan kepada warga, melakukan dialog dengan kelompok radikal, memaksimalkan peran ibu dalam mendidik generasi, dan mengontrol isi khutbah para khatib/mubalig.

“Pendidikan adalah cara efektif untuk mendidik warga kami agar tidak mudah terpapar paham-paham radikal melalui brain washing. Pendidikan merupakan hal penting untuk melindungi masyarakat dari radikalisme,” ujarnya di Tunisia seperti dilansir situs kemenag.go.id, Sabtu (28/9).

Selain itu, menurutnya, pengendalian isi khutbah para khatib/mubalig menjadi langkah strategis untuk menekan penyebaran paham radikalisme.

“Kami mengontrol isi khutbah/ceramah para khatib/mubalig sebelum menyampaikan di ruang publik. Hal ini kami lakukan agar paham-paham agama yang bertentangan dengan konstitusi kami dapat ditangkal,” imbuhnya.

Selain soal penanganan kelompok radikal tersebut tema penting yang dijadikan bahan pembicaraan adalah promosi Islam Wasathiyah (moderat) di kedua belah negara. Keduanya juga menyepakati kerjasama Perguruan Tinggi. Pemerintah Tunisia akan memberikan beasiswa sebanyak 60 orang yang kuliah di Perguruan Tinggi di Tunisia. Indonesia juga diharapkan melakukan hal sama dalam menjaga hubungan bilateral.

Delegasi dari Indonesia dalam Konsbil tersebut diwakili Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, Tarmizi; Kabag Kerja Sama Luar Negeri, Thobib Al-Asyhar; dan Kasi pada Subdit Kemitraan, Direktorat Penais, Udin Saepudin.

Malik/Islam Indonesia/Foto Fitur: kemenag.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *