Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 02 January 2014

“Tokoh Agama” 2013


Sumber: indianexpress.com

Memasuki 2014, Huffington Post mencoba mendaftar beberapa “Tokoh Agama” yang menjadi pusat pemberitaan seru pada 2013. Berikut di antaranya:

Malala Yousafzai
Remaja PAkistan yang ditembak kelompok Taliban saat dalam perjalanan menuju sekolah ini bahkan menjadi salah satu nominee Nobel Perdamaian 2013. Dalam setiap penampilannya, di media maupun saat berpidato doi PBB, Malala berulangkali menyatakan bahwa keyakinannya akan pentingnya pendidikan dan perdamaian bersumber dari  Tuhan dan Islam. Malala membuktikan lagi dan lagi, bahwa imannya lebih kuat ketimbang kaum Taliban yang mencoba membunuhnya.

Prabhjot Singh
Penganut Sikh yang juga pengajar di Columbia University ini menjadi korban serangan kebencian (hate attack) usai mengantar istri dan anaknya di kawasan Central Park, New York. Penyerangnya berteriak, “Teroris! Kena kau, Osama!” namun tanggapan Singh atas serangan terhadapnya itu sungguh menyentuh dan benar-benar bisa mengubah dunia. Katanya, “Saya jadi berpikir bahwa serangan-kebencian tidak cukup dihentikan hanya dengan hukuman. Tradisi agama saya mengajarkan cinta, kasih sayang dan pengertian. Para penyerang ini perlu diberi penjelasan, mereka perlu tahu lebih dalam, seperti apa kepercayaan-kepercayaan lain di luar keimanan mereka.”  

Reza Aslan
Reza Aslan menulis buku bestseller tentang Jesus berjudul Zealot: The Life and Times of Jesus of Nazareth. Tentu hal itu bukan sesuatu yang istimewa, namun wawancaranya dengan Fox News membetot perhatian publik saat dia membela haknya, sebagai seorang Muslim (non-Kristen), untuk menulis tentang Jesus. Akhirnya melalui wawancara itu Aslan justru seolah menguliahi sang presenter tentang pentingnya para akademisi menulis tentang agama lain.  

Nelson Mandela
Dalam otobiografinya, Nelson Mandela menyebut sejumlah pengaruh gereja (baik positif maupun negatif) terhadap kehidupannya dan kehidupan warga Afrika Selatan. Banyak pihak yang kemudian menyatakan bahwa proses pembebasan Afrika Selatan (dari apartheid) serta upaya-upaya rekonsiliasi yang mengikutinya, mengandung muatan agama tersendiri.

Rev. Dr. Martin Luther King, Jr. (50th anniversary)
Salah satu tokoh religus yang paling banyak diekspos di Amerika Serikat tahun lalu adalah tokoh yang berasal dari masa setengah abad lalu, yaitu mendiang Pendeta Dr. Martin Luther King, Jr. Memperingati 50 tahun ‘March on Washington’, warga Amerika mengheningkan cipta sejenak menghormati tokoh persamaan hak itu..

Paus Fransiskus
Paus Fransiskus menjadi tokoh yang paling banyak dibicarakan di internet dan terpilih sebagai Person of the Year 2013 versi Majalah Time. Sejak penunjukannya sebagai pemimpin Gereja Katolik pada Bulan Maret, dia menjadi tokoh agama paling menarik sekaligus kontroversial saat ini. Dan pesona serta kontroversinya itu baru permulaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *