Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 21 October 2017

TGB Terpilih Gantikan Quraish Shihab Pimpin Organisasi Internasional Alumni Al Azhar


islamindonesia.id – TGB Terpilih Gantikan Quraish Shihab Pimpin Organisasi Internasional Alumni Al Azhar

 

Pertemuan para Alumni Al-Azhar atau Multaqa Nasional IV Alumni Al-Azhar Mesir di Ballroom Islamic Center, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu malam (18/10/2017), sekaligus dirangkai dengan acara pemilihan ketua Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia yang akan menggantikan Prof. Dr. M Quraish Shihab.

Tanpa disangka, Ketua Alumni Al Azhar Mesir cabang Indonesia saat ini, Prof. Dr. Quraish Shihab tiba-tiba menunjuk Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi sebagai ketua yang akan meneruskan keberlangsungan pengurusan Organisasi alumnus Al-Azhar Mesir itu.

“Jika saya dipaksa untuk terus menjadi ketua, maka saya akan menunjuk orang yang menggantikan saya,” ungkapnya seraya menunjuk Dr. TGH. M Zainul Majdi. Melihat dirinya ditunjuk menggantikan, Quraish Shihab.

TGH M Zainul Majdi atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) itu terlihat terkejut menerima amanah tersebut.

Atas penunjukan langsung ini, TGB segera mengembalikannya kepada Prof. Dr. Quraish Shihab.

“Saya memohon agar apa yang disampaikan tadi berkenan agar dijelaskan lebih lanjut,” ujar TGB.

Penolakan halus ini mendapat tanggapan dari salah satu peserta muktamar, Ikhwanul Kiram Mashuri yang menganggap bahwa pilihan Dr. Quraish Shihab sangat tepat. Hal ini segera didukung oleh seluruh peserta.

Maka secara aklamasi Gubernur NTB, Tuan Guru Bajang (TGB) menerima amanah sebagai ketua OIAA Cabang Indonesia sesuai penunjukan dari Prof. Dr. Qurais Shihab itu.

Terpilihnya TGB sebagai Ketua didasari pada kapasitas, ketokohan, kharisma dan prestasi TGB dalam membawa perubahan dan kemajuan pembangunan di NTB.

Bahkan kemajuan NTB saat ini, khususnya kehidupan toleransi beragama yang sangat baik dan konsep pembangunan wisata syariahnya mendapatkan apresiasi luas dari masyarakat dunia internasional.

Prof. Dr. H. Qurais Shihab sendiri sempat memuji Gubernur NTB, Tuan Guru Bajang sebagai pemimpin yang berhasil.

“Banyak perubahan dan keberhasilan yang telah dicapai selama memimpin NTB,” ungkap Profesor Ahli Tafsir Al Qur’an tersebut.

Dia juga sempat mendoakan TGB agar menjadi pemimpin di kancah yang lebih luas ke depannya.

Karena desakan dari banyak pihak tersebut, akhirnya TGB menerima amanah sebagai ketua Ikatan Alumni Al Azhar cabang Indonesia.

Usai acara, seluruh peserta muktamar segera mendatangi TGB untuk mengucapkan selamat dan berfoto bersama.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *