Satu Islam Untuk Semua

Friday, 19 October 2018

Tersangka Pembunuh Khashoggi, Tewas Mencurigakan di Saudi


islamindonesia.id – Tersangka Pembunuh Khashoggi, Tewas Mencurigakan di Saudi

 

Surat kabar Turki melaporkan bahwa salah satu tersangka dalam kasus hilangnya wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi, tewas dalam ‘kecelakaan mobil mencurigakan’ di Riyadh, Saudi. Tersangka yang tewas itu diketahui merupakan personel Angkatan Udara Kerajaan Saudi.

Seperti dilansir media Turki, Hurriyet Daily News, Kamis (18/10/2018), kabar soal kecelakaan mencurigakan itu dilaporkan oleh surat kabar lokal berbahasa Turki, Yeni Safak, yang mengutip sejumlah sumber yang mengetahui kecelakaan itu. Belum ada komentar resmi dari otoritas Saudi maupun Turki terkait laporan ini.

Surat kabar Yeni Safak menyebut tersangka yang tewas dalam kecelakaan mencurigakan itu bernama Mashal Saad al-Bostani, berusia 31 tahun dan berpangkat letnan pada Angkatan Udara Saudi.

Al-Bostani disebut sebagai salah satu dari 15 warga Saudi yang secara mencurigakan datang dan pergi dari Turki pada 2 Oktober lalu, hari yang sama saat Khashoggi menghilang usai masuk ke Konsulat Saudi di Istanbul. Belasan warga Saudi itu diketahui masuk ke Konsulat Saudi pada hari yang sama.

Dalam laporannya, surat kabar Yeni Safak menyatakan sumber-sumber yang dikutipnya tidak memberikan informasi lebih lanjut, seperti soal waktu dan lokasi, terkait ‘kecelakaan mobil misterius’ yang menewaskan Al-Bostani. Peranan Al-Bostani dalam kasus Khashoggi juga masih belum jelas.

Khashoggi (60) yang seorang jurnalis dan kolumnis The Washington Postini menghilang misterius usai masuk ke Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu. Kekhawatiran semakin memuncak bahwa Khashoggi dibunuh di Konsulat Saudi. Otoritas Saudi berulang kali membantah terlibat kasus ini.

Namun laporan berbagai media, yang mengutip sumber-sumber pejabat Turki, menyebut adanya bukti rekaman audio dan video yang menunjukkan bahwa Khashoggi diserang dan dibunuh secara keji sesaat usai masuk ke Konsulat Saudi, dua pekan lalu.

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari otoritas Turki soal status Khashoggi. Penyelidikan masih terus dilakukan oleh Kepolisian Turki, yang beberapa hari terakhir menggeledah Konsulat Saudi di Istanbul. Kepolisian Turki juga diketahui sedang menyelidiki 15 warga Saudi yang dicurigai terlibat kasus Khashoggi itu. Identitas para tersangka belum dirilis secara resmi oleh Turki. Namun beberapa nama para tersangka diketahui telah dibeberkan oleh media-media Turki.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *