Satu Islam Untuk Semua

Friday, 30 November 2018

Terpilih Jadi Ketua, Sunanto Janji Pemuda Muhammadiyah Netral di Pilpres


B6A5C2C6-2A0E-49AE-BB50-9B5B5863B494

Islamindonesia.id – Terpilih Jadi Ketua, Sunanto Janji Pemuda Muhammadiyah Netral di Pilpres

 

 

 

Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah terpilih Sunanto berjanji menjaga jarak organisasinya dari pergumulan politik praktis, termasuk Pemilihan Presiden 2019. Hal ini ia tegaskan setelah resmi terpilih sebagai ketua umum di Muktamar Pemuda Muhammadiyah Ke-17, Yogyakarta, menggantikan Dahnil Anzar Simanjuntak. 

“Oraganisasi ini tak akan pernah saya seret ke dalam politik praktis,” kata Sunanto usai pidato kemenangannya di Muktamar seperti dilaporkan Harian Tempo, 30 November. 

Meski demikian, Sunanto mempersilahkan kadernya yang ingin terjun di dunia politik termasuk mendukung salah satu kandidat di pemilihan umum tahun depan. Hanya saja, terjunnya kader ke dunia politik tidak boleh melibatkan organisasi. 

Sunanto menggantikan Dahnil setelah memperoleh suara 590 dari 1.192 suara di Muktamar. Sementara Dahnil – yang kini lebih dikenal sebagai koordinator juru bicara tim kampanye pasangan calon presiden Prabowo-Sandiaga Uno-, meyakini ketua umum terpilih akan membawa Pemuda Muhammadiyah menjadi lebih baik. 

Pernyataan sikap netral Sunanto itu selaras dengan penegasan yang disampaikan oleh Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir pada pembukaan Muktamar. Haedar bilang, Muhammadiyah sejak masa didirkan hingga kini selalu menjaga jarak dengan politik praktis. 

“Sikap ini tidak akan pernah berubah,” kata Haedar. “Ini adalah prinsip.”

 

 

 

YS/islamindonesia/Foto: suaramuhammadiyah.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *