Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 14 November 2015

UPDATE – Teror Guncang Paris, Sedikitnya 120 Tewas 


wpid-1a047591-289e-40db-8347-e1c4148b4ced.jpg

Perancis mengumumkan keadaan darurat dan menutup seluruh pintu perbatasan, kata Presiden Francois Hollande, setelah rentetan pengeboman, penyanderaan dan penembakan di sejumlah lokasi di pusat kota Paris pada Jumat malam menewaskan sedikitnya 120 orang. 

“Kami segera mengumumkan keadaan darurat,” kata Hollande dalam sebuah pernyataan di televisi nasional. “Langkah kedua adalah penutupan seluruh pintu perbatasan.”

Polisi Paris menyebutkan gelombang teror itu, yang terburuk yang pernah mengguncang Eropa sejak Perang Dunia II, terjadi di waktu yang hampir bersamaan di tujuh lokasi.

Sebuah bom awalnya dilaporkan meledak di luar stadion Stade de France tempat berlangsungnya pertandingan persahabatan Perancis vs Jerman.

Ledakan memaksa aparat keamanan mengevakuasi Hollande dari dalam stadion.

Polisi menyebut korban tewas terbanyak ditemukan di gedung konser musik Bataclan, masih di pusat kota. Saksi mata menyebutkan sejumlah orang bersenjata masuk dan menyandera penonton saat konser berlangsung. 

Saksi mata menggambarkan penyerang menembak membabibuta ke arah penonton dari arah balkon. Saat polisi masuk menyerbu, para pelaku meledakkan diri. 

Teror lainnya berupa penembakan atas warga kota di sejumlah restoran dan cafe yang lokasinya berdekatan dengan Bataclan. 

Belum ada keterangan resmi mengenai pelaku dan motifnya. Polisi Paris sejauh ini menyatakan mereka berhasil menembak mati lima orang pelaku penyerangan.

Muhammad/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *