Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 27 August 2019

Terduga Teroris YT Rampok Toko Emas demi Hijrah ke Suriah: Polisi


islamindonesia.id-Terduga Teroris YT Rampok Emas demi Hijrah ke Suriah: Polisi

Terduga teroris berinisial YT mengaku menggasak harta benda toko emas di Magetan, Jawa Tengah, sebagai modal untuk terbang ke Suriah. Hal ini disampaikan Juru Bicara Kepolisian Indonesia, Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo.

“Pelaku mengaku simpatisan ISIS,” kata Dedi seperti dikutip Tempo, 27 Agustus. “YT menyebut, bila berhasil mencuri, dananya akan disetor untuk hijrah ke Suriah.”

 Meski demikian, polisi masih menyelidiki sejauh mana YT dan keluarganya terpengaruh oleh paham ISIS.  Keluarga YT turut diperiksa setelah Detasmen 88 Antiteror Polri menemukan barang-barang mencurigakan di lapak dagangan milik istri YT, rumah orang  tua YT dan rumah kakek-nenek YT. Barang-barang itu antara lain; bom molotov, bahan peledak dalam botol, senapan rakitan, panah, dan petasan.

Sebelum ketiga rumah itu digeledah, YT diciduk polisi saat merampok toko emas Dewi Sartika Magetan. Pelaku menggasak duit sepuluh juta rupiah, tiga gelang emas, dan lima cincon emas.

Hingga kini, YT masih dalam ditahan di Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur untuk pemeriksaan. Rencananya, YT dibawa ke Jakarta untuk menjalani program deradikalisasi.[]

YS/Islamindonesia/Foto: Kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *